Sunday, February 16, 2014

Sup Ajaib

Cerita inspiratif hari ini:
Bertahun-tahun yang lalu, tiga orang tentara, lapar dan lelah karena pertempuran, tiba di sebuah desa kecil. Pada penduduk desa, yang karena hasil panen sedikit dan bertahun-tahun menderita karena peperangan, dengan cepat menyembunyikan apa yang tersisa untuk makan. Mereka bertemu dengan tiga tentara itu di alun-alun desa, meremas-remas tangan mereka, dan meratapi kurangnya sesuatu untuk dimakan.

Para prajurit itu berbicara pelan di antara mereka dan prajurit pertama kemudian beralih ke tetua desa. "Kebosanan kalian membuat kalian tidak meninggalkan apa-apa untuk berbagi, jadi kita akan berbagi sedikit yang kita miliki. Bagaimana rahasia membuat sup dari batu."

Tentu saja warga tertarik dan segera memasang api untuk memasak sup. Mereka memakai panci terbesar di kota itu dan prajurit itu memasukkan tiga batu kecil ke dalam panci. "Sekarang, ini akan menjadi sup yang enak," kata prajurit kedua. "Eh, tapi sedikit garam dan beberapa tangkai seledri akan membuatnya semakin enak!"

Seketika melompatlah seorang warga desa sambil menangis, "Ah! Aku  baru ingat ada sedikit garam di rumah." Ia pun berlari, kembali dengan beberapa tangkai seledri dan beberapa buah lobak. Selagi panci merebus air dan beberapa sayuran di dalamnya, prajurit itu mengingatkan warga desa siapa tahu mereka memiliki sesuatu. Segera terkumpullah biji-bijian, wortel, daging sapi, dan krim yang mereka masukkan ke dalam panci besar. Dan satu drum anggur pun meluncur ke alun-alun, karena semua orang telah duduk untuk berpesta.

Mereka makan dan menari dan bernyanyi hingga malam hari. Mereka merasa segar akan pesat dan teman-teman baru mereka. Di pagi hari, tiga prajurit itu terbangun dan menemui para penduduk desa. Di bawah kaki mereka diletakkan sebuah tas berisi roti dan keju terbaik dari desa itu.

"Kalian telah memberi kami hadiah terbesar, rahasia bagaimana membuat sup dari batu," kata tetua desa. "Dan kita tidak akan pernah melupakan itu."

Prajurit ketiga berbicara kepada orang banyak itu, "Tidak ada rahasia, tapi ini yang pasti, hanya dengan saling berbagi kita dapat membuat sebuah pesta."

Semakin banyak kita berbagi, semakin kita merasa saling memiliki.
BPA

No comments:

Post a Comment