Thursday, March 17, 2016

Kisah Inspirasi - Kisah Mempelai Pria yang Kehilangan Pengantinnya

Alkisah, ada sebuah keluarga kaya yang tinggal di sebuah kota. Mereka sedang menyusun perhelatan putra mereka yang akan menikahi seorang gadis yang baik dan jujur dari desa terdekat. Selain sangat cantik, mereka yakin tidak bisa menemukan istri yang lebih baik untuk anak mereka.

Keluarga pengantin pria memutuskan tanggal pernikahan. Keluarga pengantin wanita setuju untuk bertemu mereka di desa pada hari pernikahan yang sudah ditentukan.

Sementara itu, keluarga kaya ini memiliki ahli astrologi kepercayaan mereka. Ketika mereka menentukan hari pernikahan, tanpa berkonsultasi dengannya terlebih dahulu, ia menjadi marah. Ahli astrologi itu memutuskan untuk membalas dendam dengan mereka.

Ketika hari pernikahan tiba, ahli astrologi berpakaian jubah terbaiknya, dan memanggil keluarga bersama-sama. Ia membungkuk kepada mereka semua, kemudian melihat grafik bintangnya dengan serius. Ia mengatakan kepada mereka bahwa bintang ini terlalu dekat dengan cakrawala, dan planet yang berada di tengah-tengah konstelasi beruntung, dan bulan berada di fase yang sangat berbahaya untuk hari pernikahan. Ia mengatakan kepada mereka, karena mereka tidak mencari nasihatnya, mereka telah mengambil hari terburuk untuk pernikahan. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pernikahan yang mengerikan.

Keluarga takut akan ramalan dari astrologi itu, sehingga mereka tetap tinggal di kota.

Sementara itu, keluarga pengantin wanita telah menyusun segala sesuatu untuk pernikahan di desa. Ketika jam yang telah disepakati tiba, mereka menunggu, dan menunggu calon suami pengantin wanita. Tetapi tidak juga datang. Mereka berpikir, "Orang-orang kota memilih tanggal dan waktu, tetapi sekarang mereka tidak muncul. Ini benar-benar penghinaan! Mengapa kita harus menunggu lebih lama lagi? Mari kita nikahkah putri kita dengan seorang pria desa yang terhormat dan bekerja keras." Maka mereka pun dengan cepat menyusun pernikahan baru dan merayakannya.

Keesokan harinya, ahli astrologi mengatakan bahwa, tiba-tiba, bintang-bintang dan planet, serta bulan berada di posisi yang sempurna untuk pernikahan.  Jadi keluarga pria di kota pergi ke desa dan meminta melangsungkan pernikahan. Tetapi orang-orang desa berkata, "Anda sendiri yang memilih tanggal dan waktu. Tetapi kemudian Anda membuat malu kami dengan tidak kehadiran Anda."

Orang-orang kota menjawab, "Ahli astrologi keluarga kami mengatakan kepada kami kemarin bahwa bintang-bintang dan planet-planet serta bulan berada di posisi yang mengerikan. Hari itu adalah hari yang tidak beruntung untuk pernikahan. Tapi ia telah meyakinkan kami bahwa hari ini adalah hari yang paling beruntung. Jadi, siapkan pengantin kami sekaligus!"

Keluarga desa berkata, "Anda tidak menghormati kami. Anda telah membuat pilihan hari lebih penting daripada pilihan pengantin wanita. Sudah terlambat sekarang! Putri kami telah menikah!" Kemudian kedua keluarga mulai bertengkar sengit.

Kebetulan orang bijak datang bersama mereka. Melihat kedua keluarga tersebut bertengkar, ia mencoba untuk menyelesaikan perselisihan tersebut. Orang-orang kota mengatakan kepada orang bijak itu bahwa mereka menghormati peringatan dari ahli astrologi mereka, yang menurut ramalannya tidak baik, maka mereka tidak datang ke desa sesuai tanggal yang disepakati untuk pernikahan.

Orang bijak berkata, "Keberuntungan berada pada pengantin, tidak pada bintang-bintang. Anda bodoh telah mengikuti bintang dan kehilangan pengantin wanita. Tanpa kebodohan Anda pun, bintang yang jauh pun tidak melakukan apa-apa!"

Ya, keberuntungan datang dari tindakan, bukan dari bintang.

No comments:

Post a Comment