Friday, January 17, 2014

Kerikil Yang Berharga

Cerita yang akan menginspirasi kita semua:
Alkisah, seorang putri yang sangat kaya, cantik, dan bijaksana. Lelah karena banyaknya pelamar yang hanya tertarik pada uangnya, ia mengumumkan hanya akan menikah dengan siapapun yang berhasil memberinya hadiah yang paling berharga, dan tulus dari semuanya.

Akhirnya, istana penuh dengan bunga dan hadiah dari segala penjuru, surat yang menggambarkan cinta abadi, dan puisi cinta. Di antara semua hadiah yang indah itu, ia menemukan sebuah batu kecil. Batu  yang kotor dan sederhana. Penasaran, ia ingin tahu siapa yang sudah memberinya hadiah itu. Meskipun penasaran, ia berpura-pura sangat tersinggung dengan hadiah itu ketika seorang pemuda datang ke hadapannya.

Pemuda itu menjelaskannya seperti ini, "Ya Putri, kerikil ini merupakan hal yang paling berharga yang bisa saya berikan. Itu adalah hatiku, yang juga tulus. Namun karena belum menjadi milikmu, ia sekeras batu itu. Hanya ketika diisi dengan cinta, maka akan melunak, dan menjadi lebih lembut daripada yang lain."

Pemuda itu pun meninggalkan Putri yang diam-diam terkejut dan terpesona. Ia begitu jatuh cinta. Putri itu pun mengambil  batu kecil itu dan membawanya kemanapun ia pergi. Selama berbulan-bulan ia menceritakan pemuda dengan hadiah dan perhatiannya. Tapi hatinya tetap sekeras batu di tangannya itu. Kehilangan harapan, ia akhirnya melemparkan batu kecil itu ke dalam api. Dalam panas api, batu kecil itu hancur dan menjadi pasir. Namun, pelan-pelan sebongkah eman yang indah muncul ketika pasir yang meliputinya hancur. Melihat ini, Putri mengerti, bahwa ia sendiri harus menjadi seperti api, dan memisahkan apa yang tidak berguna dari apa yang benar-benar penting.

Selama bulan-bulan berikutnya ia mulai mengubah kerajaan, dan mengabdikan hidupnya, kebijaksanaan, dan kekayaannya untuk memisahkan apa yang benar-benar berharga dari apa yang tidak penting. Ia menyerahkan kemewahan, perhiasan, dan kekayaannya, untuk sesuatu yang berarti bagi setiap orang di kerajaan. Mereka kini memiliki makanan untuuk dimakan dan buku untuk dibaca. Begitu banyak orang datang dari luar kerajaan yang terpesona oleh karakter dan karismanya. Kehadirannya menularkan kehangatan bagi manusia di sekitarnya, hingga mereka pun mulai memanggil The Princess of Fire.

Seperti batu kecil itu, api kehadirannya melelehkan kekerasan hati pemuda itu. Seperti yang telah dijanjian, ia menjadi begitu lembut dan perhatian, hingga membuat Putri bahagia sampai akhir hari-harinya.

Cinta sejati adalah cara yang paling ampuh untuk mengubah dunia dari dalam, dimulai dengan diri kita sendiri.
BPA

No comments:

Post a Comment