Thursday, August 20, 2015

Kisah Inspiratif - Belajar untuk Menghargai

Alkisah, ada seorang pria yang sangat senang membantu, baik hati, dan murah hati. Ia adalah pria yang selalu membantu seseorang tanpa meminta imbalan. Ia akan membantu orang lain karena ia ingin dan ia suka.

Suatu hati ketika ia berjalan di sebuah jalan yang berdebu, pria ini melihat sebuah tas, sehingga ia mengambilnya, dan melihat bahwa tas itu kosong. Tiba-tiba seorang wanita dengan seorang polisi muncul dan pria itu ditangkap.

Wanita itu terus bertanya di mana ia menyembunyikan uang, tapi pria itu menjawab, "Tas itu kosong ketika saya menemukannya, Bu."

Wanita itu berteriak kepadanya, "Tolong berikan kembali uang itu. Itu untuk biaya sekolah anak saya."

Pria itu melihat wanita itu benar-benar merasa sedih, sehingga ia menyerahkan semua uangnya. Ia berpikir bahwa wanita itu adalah orangtua tunggal. Pria itu berkata, "Ambil ini, maaf atas ketidaknyamanan ini."

Wanita itu pun pergi dan polisi membawa pria itu untuk diinterogasi lebih lanjut.

Wanita itu sangat senang, tapi ketika ia menghitung uangnya lagi, jumlahnya ternyata dua kali lipat!  Ia terkejut. Suatu hari ketika wanita itu akan membayar biaya sekolah anaknya ke sekolah, ia melihat seorang pria kurus berjalan di belakangnya. Ia berpikir mungkin ia akan merampok, maka ia mendekati seorang polisi yang sedang berdiri di dekat situ. Ah, ternyata polisi yang sama, ketika ia kehilangan tasnya. Wanita itu bercerita tentang seorang pria yang mengikutinya, tapi tiba-tiba mereka melihat pria itu ambruk. Mereka berlari ke arahnya, dan melihat bahwa pria itu adalah orang yang sama ketika ditangkap beberapa hari yang lalu karena mencuri sebuah tas.

Pria itu tampak sangat lemah dan wanita itu bingung. Akhirnya, polisi itu berkata kepada wanita itu, "Ia tidak mengembalikan uang Anda, ia justru memberi Anda uangnya hari itu. Ia bukan pencuri, tapi ketika ia mendengar tentang biaya sekolah anak Anda, ia merasa sedih dan memberi Anda uangnya."

Kemudian, mereka membantu pria itu berdiri, dan pria itu berkata kepada wanita itu, "Silakan Anda membayar uang sekolah anak Anda, saya melihat Anda dan mengikuti Anda untuk memastikan bahwa tidak ada lagi yang akan mencuri uang sekolah Anda."

Wanita itu tidak bisa berkata apa-apa lagi.

Hidup memang memberi kita pengalaman aneh. Kadang-kadang mengguncangkan dan kadang-kadang membuat kita heran. Kita akhirnya membuat penilaian yang salah atau kesalahan dalam kemarahan, keputusasaan, dan frustasi. Bagaimana pun, ketika kita mendapatkan kesempatan kedua, maka perbaiki kesalahan kita dan berbaik hatilah. Jadilah baik dan murah hati. Belajar menghargai apa yang sudah diberikan kepada kita.

No comments:

Post a Comment