Thursday, August 20, 2015

Kisah Inspiratif - Kesombongan Biasanya Topeng Dangkal Seorang Pengecut

Epictietus (AD 55 – AD 135) adalah seorang filsuf Yunani Stoic. Ia dilahirkan oleh budak di Yunani, tinggal di Roma da, diusir serta dibuang ke tanah airnya, tempat ia tinggal menghabiskan sebagian besar hidupnya.

Selama pengasingannya, ia menciptakan cara mengajar murid-muridnya. Berikut ini kutipan dari bukunya Discourses.

"Dua hal yang mungkin terjadi ketika kita bertemu seseorang: apakah kita menjadi teman atau kita berusaha meyakinkan orang ini untuk menerima keyakinan kita. Hal yang sama terjadi ketika bara menyentuh sepotong batubara: baik untuk berbagi api dengan itu atau menjadi kehabisan napas karena besaran api dan akhirnya padam."

"Seperti pada umumnya kita tidak aman pada kontak pertama, kita mencoba menunjukkan ketidakpedulian, kesombongan, atau kerendahan hati yang berlebihan. Hasilnya adalah bahwa kita berhenti menjadi diri kita sendiri dan hal-hal mulai menyimpang menuju dunia yang aneh yang bukan milik kita.

"Untuk menghindari hal ini terjadi, biarkan perasaan baik akan melihat langsung. Kesombongan biasanya topeng dangkal pengecut, tapi itu berakhir dengan mencegah hal-hal penting dari perkembangan hidup kita."

No comments:

Post a Comment