Monday, March 21, 2011

Inspirasi - Be happy through H.A.P.P.Y.

Dalam kehidupan yang kita jalani saat ini, Banyak hal yang kita anggap mustahil didunia ini hanya karena kita tidak tahu.
kalau kita ingin Bahagia disaat apa yang kita inginkan terjadi/tidak terjadi apa2 itu hal mudah. wajar.
Tetapi bagaimana kalau kita ingin bahagia saat apa yang tidak diinginkan justru terjadi??? Terasa mustahil bukan??. Bagaimana mungkin bisa bahagia kalau nilai ujian jelek, diputus sama pacar, sedang berantem sama orang tua, kehilangan barang yang disukai, usaha lagi dalam masalah. Rasanya bisa dikatakan MUSTAHIL...
Bagaimana caranya kita bisa HAPPY setiap hari? Walau apapun terjadi pada kita, kita tetap bisa HAPPY. How???

Sang Buddha menyatakan bahwa biarpun hidup adalah penderitaan dan penuh dengan ketidakpastian, adalah memungkinkan bagi manusia untuk mengalami kebahagiaan baik secara mutlak maupun sementara dengan memahami kehidupan sebagaimana adanya.
5 hal yg harus dipahami agar tetap HAPPY saat situasi buruk terjadi. Mau???
Banyak orang ingin HAPPY, tapi prakteknya tidak benar2 ingin HAPPY.

Happiness doesn’t come from outside
Byk orang berpendapat, yang membuat kita HAPPY dari luar. Kalau punya uang banyak, teman yang baik, istri yg cantik, ortu yang bisa memahami, usahanya lancar. semua itu bukanlah HAPPY yg bisa diandalkan. Kalo hilang/berubah??? Menderitalah kita
Apalagi kalau yang terjadi justru malah sebaliknya. Tidak punya uang, teman mengkhianati, istri gak baik, ortu yang diktaktor, usaha sdg sulit. Kalau kita beranggapan merekalah sumber HAPPY, kita tidak akan HAPPY. kita justru akan menderita.
Kalau mau mencari HAPPY yg sebenarnya, bukan dari luar. melainkan dari dalam diri kita sendiri.
Pahami :
orang HAPPY bukan karena tidak ada masalah, tetapi mereka HAPPY justru tanpa peduli ada masalah .
dengan kita HAPPY semua akan jadi lebih baik.
segala sesuatu diluar diri kita adalah netral, kita yang mendefinisikannya
kalau kita dihina/dicacimaki orang bagaimana kita bisa menganggapnya sebagai sesuatu yang netral?

Ada sebuah cerita dimana seorang Bhikkhu bertemu dengan seorang yang terkenal dengan tabiatnya yang sangat jahat didaerahnya. kemudian orang jahat itu bertanya pada Sang Bhikkhu, "Hai pertapa, menurutmu saya ini seperti apa?"
"oh, anda seperti seorang Buddha yang bijaksana" jawab Sang Bhikkhu dengan lembut.
mendengar jawaban Sang Bhikkhu, muridnya yang juga berada disana jadi terheran-heran, apakah guru tidak tahu reputasi buruk orang ini. kemudian muridnya balik bertanya kepada orang jahat tadi. "Kalau menurutmu guru saya seperti apa?" dengan suara agak menantang. "Gurumu seperti orang bodoh!!!!" jawab orang jahat itu dengan sinis. spontan wajah murid tersebut merah dan terlihat tidak terima dengan perlakuan orang jahat tersebut kepada gurunya. mengetahui hal itu, gurunya segera mengajak muridnya pergi sedikit menjauh dari orang jahat tadi dan berkata,"kau tak perlu marah muridku. Perkataan/perbuatan orang adalah cermin dari pribadinya" nasehat Sang guru kepada muridnya. seketika itu juga amarah muridnya reda. dan dia jadi tahu mengapa gurunya mengatakan bahwa orang jahat itu seperti seorang Buddha...
Cerita ini sangat menginspirasi kita, bahwa kita tidak perlu merasa marah dan kesal dengan perbuatan/perkataan orang yang menyakiti kita.
Jangan sampai kebahagiaan kita dirusak oleh apapun. HAPPY adalah pilihan.
Jadikan HAPPY sebagai kebiasaan kita. Setiap pagi putuskan bahwa anda akan HAPPY hari ini.
Jangan mengandalkan diluar diri kita untuk bahagia. Yang kita bisa andalkan adalah diri kita sendiri. Tanpa kejadian itu pun kita bisa kok HAPPY. Atau malah dalam kondisi yang buruk sekalipun kita bisa kok tetap HAPPY.
Bolehlah situasi buruk terjadi, tapi seya ingin HAPPY kok…

Always do the best
Pepatah “Give world the best you have, and the best will comeback to you”. So, Do the best first.
Apa yang terjadi pasti ada penyebabnya. Kejadian buruk yang kita alami adalah buah karma buruk kita yang lalu. Supaya kedepan kita bisa HAPPY, taburlah benih karma baik sekarang.
Apapun yang terjadi, tetap do the best in everything. Tidak mudah memang, Ingatlah dengan kondisi buruk yang kita alami saat ini, berarti tabungan karma buruk kita sudah berkurang. Do the best untuk membuat karma baik dimasa yang akan datang.
Dalam hal apa do the best? Dalam segala hal. Bekerja, belajar, beribadah, berteman, berkeluarga. Jangan setengah2. lakukan yang terbaik! Jangan pedulikan hasilnya seperti apa, lakukanlah yang terbaik yang bisa kita lakukan. Hasil boleh tidak seperti yang kita harapkan. Tapi tetap do the best!
Tujuan yang sebenarnya adalah untuk menguatkan mental kita ketika harus berhadapan dengan sitasi buruk. Juga meminimalkan efek buruk yang kita alami.

Positive thinking in anything
Jangan mau rugi dengan hal buruk yang kita alami. Sudah gak enak, kok malah mau dibiarin gak enak. Lucu kan? bolehlah kita terpukul dengan kejadian yang kita alami, tapi segera cari apa yang bisa kita ambil dari kondisi buruk ini? Selalulah mencari positif dari setiap kondisi, ataupun setiap orang yang kita jumpai.
Bertemu dengan kondisi yang tidak enak, anggap bahwa itu sebagai latihan utk menguatkan mental kita.
Berteman dengan siapapun fokuskan pikiran kita pada kelebihan2 dari mereka.
Setiap orang pasti ada baik & buruknya. Namanya jg manusia. Kita benci sama org yang berbuat salah kekita. Dendam, kita yang rugi.Hidup kita jadi gak enak. Semua jadinya pingin marah aja. dan resiko stroke pun tambah tinggi. Darimana kita dapat ide bahwa dengan kita tidak memaafkan mereka yang berbuat jahat kekita, mereka pasti menderita. itu salah total! justru kitalah yang rugi!
Jangan lupa juga untuk bersyukur atas apa yang saat ini kita miliki. Bersyukur akan membuat kita HAPPY.
Seringkali kita menganggap segala sesuatu terjadi ya memang sewajarnya seperti itu. Contoh: sampai kevihara dengan selamat, tidak terlambat, lahir dengan kondisi fisik yang normal.
Dengan sering kita bersyukur, pikiran kita gak sempet lagi utk memikirkan hal2 negatif. Betul??

Pack our heart with a boundless love
Salah satu cara membuat kita bahagia adalah dengan cara membuat orang lain berbahagia.
Coba buktikan sendiri.
Berpikirlah bahwa siapapun yang bertemu dengan saya, mereka harus berbahagia setelah bertemu dengan saya.
Berpikirlah apa yang bisa saya lakukan untuk membuat orang ini HAPPY. Cth:senyum/pujian/terimakasih/action.
Bgmn kl balasannya malah menyakitkan??? Pahami bahwa jauh lebih baik mencintai dari pada dicintai. Jauh lebih baik disakiti daripada menyakiti. Karena kita menabur karma baik, melatih mental kita, melatih ketulusan, melatih utk tidak melekat.
Cobalah! Anda akan merasakan bahwa hidup itu indah, dengan kita membuat orang lain HAPPY. Dan kitapun akan HAPPY.

You can change only what you can
jangan pernah berharap mengubah dunia. Anda akan menderita.
Kalau memang kita bisa dan punya kuasa mengubahnya, berjuanglah untuk mengubahnya. Cth masa depan kita, pribadi kita, pola pikir kita, segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan diri kita, kita punya kuasa penuh untuk mengubahnya.
Tapi kalau memang sesuatu tidak bisa diubah, let it be... gak usah pusing. Biarkanlah.... buat apa kita pusing memikirkan kenapa orang itu menyakiti saya, kenapa orang itu nyetirnya ngawur, kenapa kucing itu eeg sembarangan.
Mikir seperti itu hanya akan membuang energi kita dan membuat kita tidak HAPPY. Kalau kita bener2 ingin HAPPY, Lupakanlah itu. Itu diluar pengaruh kita. Biarkanlah....

Kesimpulan
Yang penting buat diri kita HAPPY. Dengan kita HAPPY segalanya akan jauh lebih baik. Setuju?
Masih ingat kelima hal yang membuat kita HAPPY setiap saat? Coba Urutkan!
SO, kalau ingin senantiasa happy tiap hari, apapun yang terjadi pada diri kita, lakukanlah H.A.P.P.Y.
Semoga kita semua yang memahami 5 prinsip ini, kita bisa lebih HAPPY menghadapi kondisi apapun. Dan kalau kita bisa lebih HAPPY, semoga orang2 disekeliling kitapun bisa menjadi lebih HAPPY setelah berhubungan dengan kita, Dan pada akhirnya semoga dengan semakin banyak orang HAPPY semoga semua makhluk juga akan selalu HAPPY.
Sabbe satta bhavantu sukhitatta semoga semua makhluk berbahagia. Sadhu sadhu sadhu.


Sentosa Hartanto

No comments:

Post a Comment