Monday, March 21, 2011

Inspirasi - Kejadian Yang Membawa Pencerahan

Secara tidak sengaja saya memperhatikan tas sekolah anak saya yang berupa ransel. Tas nya penuh berisi ( buku tentunya ), terlihat dari bentuknya yang gembung dan bila digendong tampaknya keberatan ( terlihat dari postur tubuhnya yang agak membungkuk), kalau saya angkat memang cukup berat. Hari-hari berikutnya, saya perhatikan hal yang sama.
Sebagai pembanding, iseng iseng saya memperhatikan tas yang dibawa oleh teman-teman nya, ternyata koq tidak sebanyak yang dibawa anak saya.
Malam hari sewaktu senggang, saya bertanya, "kenapa tas sekolah nya begitu penuh berisi buku, apakah buku-buku yang dibawa itu memang mata pelajaran hari itu ?".
Jawabannya "tidak". Lalu tanya saya lagi : "kenapa kamu membawa buku-buku yang bukan mata pelajaran hari itu ?, kan buku-buku itu menjadi BEBAN buat kamu. Coba kalau buku-buku yang tidak perlu dibawa hari itu kamu keluarkan, kan BEBAN tas kamu jadi berkurang ". Ternyata alasan anak saya membawa semua buku, takut ada yang ketinggalan, takut dihukum di sekolah.
Sebelum tidur secara tidak sengaja, terlintas dalam pikiran saya apa yang saya katakan pada anak saya, "COBA KAMU KELUARKAN BUKU BUKU YANG TIDAK PERLU KAMU BAWA HARI ITU, MAKA BEBAN TAS MU AKAN BERKURANG DAN KAMU TIDAK PERLU MENGGENDONG BERAT TAS MU.
Aaahhaaa !!! ternyata kejadian seperti ini berlaku pula di sekolah yang tidak formal yaitu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN. Seringkali orang (termasuk saya ), membawa BEBAN BEBAN KEHIDUPAN yang tidak perlu baik dalam hati maupun dalam pikiran. Coba kalau kita menanggalkan beban beban itu, maka hidup ini akan terasa ringan.
^^^^^Peace of Mind and Happiness^^^^^
Luis Jioe

No comments:

Post a Comment