Monday, March 21, 2011

Inspirasi - Berterima Kasih

Ada seorang remaja putri 13 tahun bertanya kepada kakaknya
“Kak mengapa kita harus berterima kasih kalau ada orang yang memberikan sesuatu ke kita?”,
Jawab kakaknya : “Sudah seharusnya adikku, karena itu berarti kita menghargai atas kebaikan yang sudah kita terima”.
“Haruskah kita berterima kasih atas setiap perbuatan baik orang lain kita?”Tanya remaja putri itu lagi.
“Ya sudah pasti, sudah sewajarnya dan sepantasnya kita lakukan itu karena dengan berterima kasih artinya tidak hanya kita membuat orang tersebut senang tetapi juga merasa apa yang diberikan diterima dengan baik oleh kita”, jawab kakaknya.
“Tetapi mengapa banyak orang juga lupa berterima kasih kalau kita berbuat baik kepada mereka?”Tanya remaja putri itu lagi.
Sambil tersenyum kakaknya menjawab: “Memang ada bahkan mungkin banyak orang lupa mengucapkan terima kasih karena mungkin mereka terlalu sibuk, menganggap tidak terlalu perlu, lupa, cuek dan lain-lain, tapi yang terpenting adalah kita tidak harus mengikuti sifat mereka, bahkan kita sendiri yang harus menjadi contoh dengan menerapkan kebiasaan baik kita”.
Kakak tersebut melanjutkan ceritanya:
“Ädikku yang manis, berterima kasih itu bukan hanya terhadap orang lain yang sudah berbuat baik ke kita, tetapi yang paling penting dan terutama adalah kepada TUHAN. Karena dengan kita masih bisa saling bertukar pikiran, bisa bercerita, bisa tersenyum, bisa menangis, bisa tertawa, bisa bernafas itu semua karena karunia dan kebaikan TUHAN semata-mata. Terlalu banyak kalau mau dijabarkan semua kebaikan dari TUHAN dan kita tidak akan pernah mampu menuliskannya dalam buku setebal apapun karena akal, pikiran dan kemampuan kita yang terbatas sebagai makhluk ciptaanNYA.
Bahkan ada 1 hal dimana kita merasa “jatuh” atau sedih dan sedang mengalami masalah besar/ kecil, disebutkan mengapa kita harus berterima kasih kepada TUHAN? Itu karena dengan mengalami hal-hal itu sebenarnya TUHAN ingin mengajarkan kita agar kita selalu mengandalkan DIA, bergantung padaNYA, lebih dekat kepadaNYA, karena dari masalah yang timbul akan membuat kita semakin dewasa dan matang dalam menghadapi masalah yang akan datang bahkan mungkin lebih berat.
Intinya berterima kasih itu tidak hanya untuk hal-hal baik yang kita terima dalam hidup, tetapi hal-hal yang mungkin menurut kita kurang baik/ buruk yang terjadi sekalipun. Kelihatannya sangat tidak mungkin dan sangat sulit untuk berterima kasih atas sesuatu yang buruk terjadi dalam hidup kita, tetapi kita harus percaya dan terus berdoa karena TUHAN pasti punya rencana yang TERBAIK yang sudah disiapkan untuk kita semua”.
Si remaja putri tersebut menatap kakaknya sambil berkata: “kak sepertinya aku mulai paham biarpun belum sepenuhnya mengerti apa yang kakak ucapkan tadi”. Tetapi aku akan belajar dan terus mengingat kata-kata kakak tadi, terima kasih ya kak sudah berbagi pengalaman dengan cerita tadi”.
“Sama-sama adikku, tidak mengapa kalau kamu belum mengerti sepenuhnya, saat kamu beranjak dewasa kelak kamu akan lebih paham, dan yang terpenting adalah jangan lupa berterima kasih atas setiap peristiwa yang terjadi setiap hari dalam hidup kita karena semuanya itu sudah menjadi rancangan yang TERINDAH dari TUHAN buat kita masing-masing”...GBUs
By :Arnold Pallo

No comments:

Post a Comment