Saturday, November 29, 2014

Inspirasi - Mengontrol Pikiran dengan Mengontrol Perhatian

Seorang guru dan muridnya sedang berjalan-jalan di pantai di tepi lautan. Hari itu sangat dingin dan angin bertiup kuat dari lautan, menaikkan gelombang sangat tinggi.

Setelah berjalan selama beberapa waktu, sang guru berhenti, memandang muridnya dan bertanya, "Apakah laut berombak mengingatkan Anda pada sesuatu?"

"Ini mengingatkan saya pada pikiran saya. Dari pikiran yang bergegas dan gelisah," jawab sang murid.

"Ya, badai laut seperti benak, dan gelombang seperti pikiran. Pikiran adalah netral seperti air. Hal ini tidak baik atau buruk. Angin menyebabkan gelombang, seperti keinginan dan ketakutan menghasilkan pikiran," kata sang guru.

"Saya tidak ingin berada di perahu, di tengah laut, dalam badai seperti ini," kata sang murid.

"Anda berada di sana sepanjang waktu," jawab Guru dan melanjutkan, "kebanyakan orang di perahu tanpa kemudi di tengah samudera berombak, bahkan jika mereka tidak menyadarinya. Pikiran kebanyakan orang sangat gelisah. Pikiran dari semua jenis datang dan pergi tanpa henti, mengagitasi pikiran seperti gelombang laut."

"Ya," murid memotongnya, "Anda tidak perlu memberitahu saya. Ini adalah alasan saya berada bersama Anda. Saya ingin menenangkan gelombang pikiran saya."

Sang Guru memandang muridnya untuk sementara waktu, tersenyum, dan berkata, "Engkau tidak menenangkan laut dengan memegang air dan tidak membiarkannya bergerak. Yang penting adalah menghentikan angin. Angin terbuat dari pikiran, keinginan, dan ketakutan Anda. Jangan biarkan mereka mengatur hidup Anda. Belajar mengendalikan mereka dengan mengendalikan perhatian Anda, dan kemudian lautan pikiran Anda pun menjadi tenang."

"Lalu, bagaimana saya melakukannya?"

"Misalkan adalah mungkin bagi laut untuk mengabaikan angin, apa yang akan terjadi kemudian?" tanya Guru.

"Gelombang akan berhenti. Namun, tidak ada yang bisa menghentikan angin," jawab sang Murid.

Guru menatap muridnya dengan senyum misterius, lalu berkata, "Mengapa tidak?! Angin, laut, dan benak ada dalam pikiran. Ketika Anda dapat mengontrol pikiran, Anda dapat mengontrol segala sesuatu di dalamnya. Tapi, pertama-tama Anda harus mengontrol pikiran Anda, yang berarti Anda harus mengontrol perhatian Anda."

"Ya, Guru," jawab sang murid. "Inilah apa yang saya coba lakukan. Anda mengatakan siapapun yang mengontrol pikirannya juga dapat mengontrol angin. Dapatkah Anda melakukannya?"

"Pertama, belajarlah untuk menenangkan lautan pikiran Anda, dan kemudian mencari tahu apakah Anda bisa menenangkan laut. Lebih baik untuk belajar mengendalikan pikiran, daripada menikmati trik mental. Ketika Anda menenangkan pikiran Anda, maka Anda bisa tenang semuanya."

No comments:

Post a Comment