Wednesday, September 9, 2015

Kisah Inspiratif - Uang tidak bisa Mengembalikan Persahabatan

 Alkisah, dua orang bersahabat tinggal di sebuah desa. Raju dan Rajesh, keduanya saling bersahabat sejak lama, mereka sangat dekat satu sama lain. Kebetulan, keduanya sangat miskin dan pengangguran. Mereka mencari pekerjaan yang cocok untuk masing-masing.

Suatu hari, salah satu dari mereka, yaitu Raju, menerima pekerjaan yang baik dan menerima gaji yang pantas bersama dengan fasilitas lainnya. Sementara, Rajesh, tetap dalam keadaan seperti sekarang. Raju, yang sudah bekerja, berangsur-angsur membaik gaya hidupnya.

Dengan gajinya yang besar, perlahan-lahan membuatnya menjauh dari sahabatnya, Rajesh. Sementara, Rajesh, yang masih belum menemukan pekerjaan yang sesuai, melakukan apa pun untuk menghidupi dirinya. Ia bahkan tidak mudah untuk bertemu lagi dengan sahabatnya yang dulu karena status dan keuangannya yang semakin meningkat.

Raju, yang semakin meningkat dari sisi keuangannya, akhirnya menjadi lebih posesif terhadap uang, ia mulai terlalu khawatir atas kekayaannya dan sering takut kehilangan itu. Kekayaannya menjadi begitu penting baginya bahkan ia tidak bisa tidur di malam hari karena merasa tertekan memikirkan kekayaannya.

Di sisi lain, Rajesh, menikmati gaya hidupnya yang nyaman, meskipun ia tidak kaya. Suatu hari, Raju memutuskan untuk memberikan sebagian dari kekayaannya kepada Rajesh. Maka ia pergi ke tempat Rajesh dan memberinya sebuah tas penuh uang, dan mengatakan kepadanya, "Kau sahabatku, dan aku tidak bisa melihatmu miskin, jadi terimalah hadiah dariku dan ubahlah gaya hidupmu."

Rajesh terkejut, tetapi menerima uang itu dan menggunakannya untuk kehidupannya yang lebih baik. Ia melihat perubahan besar dalam hidupnya setelah mendapatkan uang, tetapi ia mulai merasa terlalu banyak fobia terhadap uang. Ia tidak bisa tidur sepanjang malam karena takut kehilangan uang milik Raju yang telah digunakannya.

Ia menyadari bahwa ia menjadi posesif terhadap uangnya, dan sebagainya. Akhirnya ia memutuskan untuk mengembalikan uang itu kepada temannya, Raju. Ia pergi kepada Raju, dan berkata, "Teman, terima kasih atas kekhawatiranmu kepadaku, tapi aku tidak bisa menyimpan uangmu karena itu merampas kegembiraanku dan gaya hidup santaiku." Lanjutnya, "Kau tidak peduli kepadaku ketika kau mulai kaya, sekarang mengapa kau mulai memikirkanku? Apakah ini alasannya? Kau juga ingin aku menghadapi malam tanpa tidur? Tidak, teman. Kita lebih baik seperti orang yang tidak saling kenal."

Rajesh meninggalkan Raju. Raju kemudian menyadari apa yang telah hilang dari dirinya atas imbalan dari kekayaannya.

No comments:

Post a Comment