Thursday, September 24, 2015

Kisah Motivasi - Kita ini Perantau di Bumi

 Ada seorang pengembara yang tiba di sebuah negeri. Ia mendengar ada seorang bijaksana di negeri itu, dan ingin menemuinya. Pria bijaksana ini dikenal saleh, dan baik hati sehingga sangat dikasihi banyak orang.

Tidak sulit menemukan pria bijaksana tersebut. Ketika pengembara itu bertanya di mana rumahnya, setiap orang yang ditemuinya langsung menunjuk ke arah ujung perkampungan di mana berdiri sebuah gubuk reyot.

Ketika pengembara itu mengetuk gubuk reyot itu, muncullah seorang pria tua yang mempersilakannya masuk. Pengembara itu sangat terkejut ketika mendapati bahwa pria bijaksana itu tinggal di gubuk reyot yang di dalamnya hanya berisi sebuah meja, sebuah kursi, satu buah kompor, dan alat memasak seadanya.

Karena merasa tidak nyaman, pengembara itu bertanya, "Di mana perabot rumah Anda?"

Orang tua yang bijaksana itu balik bertanya dengan lembut, "Mana milik Anda?"

"Tentu saja di rumah saya. 'Kan saya sedang merantau, tidak mungkin saya membawa perabotan saya," jawab pengembara itu.

"Saya juga," jawab orang tua yang bijak itu. "Saya 'kan sedang merantau di dunia ini."

Sadarkah kita bahwa kita sebenarnya perantau di dunia ini? Rumah kita sebenarnya adalah surga. Namun, banyak orang saat ini melupakan bahwa mereka adalah perantau sehingga mereka hanya sibuk mengumpulkan harta di dunia ini. Padahal pada akhirnya semua harta dunia itu tidak akan kita bawa ketika kita kembali ke rumah  Tuhan di surga.

Hidup harus ada keseimbangan. Mari mengusahakan diri kita mencari harta di dua alam, yaitu alam rohani dan alam jasmani

No comments:

Post a Comment