Sunday, August 24, 2014

Inspirasi - Cara Pandang yang Berbeda

Saat hendak menyesap tehnya, seorang murid melihat seekor lalat jatuh ke cangkirnya. Guru melihat wajah meringis murid itu dan mencondongkan tubuhnya ingin tahu. "Ada apa?"

"Oh, tidak," kata murid itu, "yang jelas ada 'jus terbang' di tehsaya," murid menambahkan dengan senyum kecil, ia tidak ingin gurunya berpikir bahwa lalat kecil bisa mengganggunya.

"Oh, lalat di teh," kata guru dengan nada rendah.

"Ya tidak ada masalah," murid meyakinkan dengan senyum.

Tapi Guru dengan wajah prihatin, terus fokus pada cangkir. Ia cepat bangkit dari kursinya, membungkuk dan mencelupkan jarinya, membuat perasaan tidak senang pada muridnya, mengambil lalat pada cangkir teh itu, dan meninggalkan ruangan.

Beberapa saat kemudian sang Guru kembali tersenyum mengatakan, "Dia akan baik-baik saja," dan ia menjelaskan bagaimana ia menempatkan lalat pada dedaunan, terkena sinar matahari, sehingga sayapnya bisa kering. "Dia masih hidup dan akan segera terbang," kata Guru sambil percaya diri dan tampak benar-benar acuh tak acuh terhadap teh muridnya.

Kemudian guru berbalik ke arah murid dan menambahkan, "Ini bukan soal teh, tapi kehidupan lalat. Anda selalu bisa mendapatkan secangkir teh tapi lalat tidak akan punya kehidupan lain."

Setiap orang akan mempunya cara pandang yang berbeda terhadap satu masalah

No comments:

Post a Comment