Sunday, August 24, 2014

Inspirasi - Menggenggam Sukses

Alkisah, ada seorang tua yang terkenal sangat bijak dan mempunyai kemampuan mengetahui apa yang sedang dialami oleh orang lain yang bertemu dengannya. Seorang pemuda penasaran akan kemampuan orang tua yang terkenal bijak dan "berkemampuan" itu. Ia ingin menguji kemampuan orang tua itu. Maka ia membawa seekor burung di tangannya dan menggenggam burung itu.

"Saya ingin menguji apa betul kemampuan yang bapak tua ini punya. Saya ingin menanyakan apakah burung yang saya bawa ini hidup atau mati kepada bapak tua ini. Kalau bapak tua itu menjawab bahwa burung yang saya bawa ini hidup, maka saya akan segera meremas burung itu hingga mati dalam genggaman saya. Apabila ia menjawab burung itu mati, saya akan segera melepaskan genggaman hingga burung itu bisa terbang," gumam pemuda itu sambil berjalan ke arah rumah orang tua bijak itu. Sementara, burung yang dalam genggamannya ia sembunyikan di balik punggungnya.

"Wahai Bapak Tua, saya sudah lama mendengar tentang bapak dan keahlian bapak. Saya sekarang sedang membawa burung dalam genggaman saya. Nah, kalau bapak betul-betul hebat seperti yang diceritakan oleh banyak orang, coba bapak tebak apakah burung yang saya bawa ini mati atau hidup? Kalau betul, saya akan mengangkat Anda menjadi guru saya," kata pemuda itu.

Orang tua bijak itu melihat dan memandangi sebentar pemuda yang menyembunyikan genggaman tangan di balik punggungnya. "Wahai anak muda, burung yang kamu bawa itu, mati atau hidup tergantung dalam genggamanmu. Sama seperti sukses dirimu, semua dalam genggamanmu," jawab bapak tua itu singkat sambil berlalu.

Demikian pula dalam kehidupan kita, sukses atau tidak tergantung pada diri kita sendiri, ada dalam genggaman kita sendiri. 

No comments:

Post a Comment