Sunday, August 24, 2014

Inspirasi - Membuat Neraka Bagi Diri Sendiri

Seorang pria pernah datang dan meludahi wajah Buddha. Buddha mengusap wajahnya dan bertanya kepada orang itu, "Apakah kamu ingin mengatakan sesuatu yang lebih banyak, atau hanya ini?"

Murid dekatnya sangat marah. Ia marah karena orang datang dan hanya meludahi tuannya dan tanpa alasan sama sekali. Ia berkata kepada Buddha, "Guru, jika Anda memberi saya izin, saya akan menangani pria itu."

Buddha menjawab, "Apakah engkau lupa bahwa engkau adalah seorang biarawan, seorang sannyasi? Orang miskin ini sudah menderita dengan kemarahannya. Lihat wajah marahnya, tubuhnya gemetar karena marah itu. Dan sebelum meludah ke saya, apakah engkau pikir dia akan merayakan dan menari? Ia marah pada diri sendiri. Dalam kegilaannya, ia datang dan meludahi saya.

Apa hukuman yang lebih besar baginya daripada berada pada keadaan seperti itu? Dan apa salah yang telah dilakukannya kepada saya? Saya hanya harus menghapus ludah dari wajahku. Sekarang engkau tidak akan gelisah, jika sedang membangun kemarahan yang sama dalam dirimu. Mengapa engkau menghukum diri sendiri? Itu adalah kebodohan. Merasa kasihan bagi orang miskin sebagai gantinya.

Pria itu mendengarkan dan terkejut serta bingung melihat perilaku Buddha seperti itu. Ia mengharapkan Budda marah. Itulah yang ia inginkan. Sebaliknya, belas kasih dan pemahaman Budda yang diperlihatkan, malahan membuatnya terkejut.

Buddha berkata kepada pria itu, "Pulanglah. Anda tampak lelah. Anda telah cukup menghukum dirimu sendiri. Lupakan apa yang telah Anda lakukan kepada saya. Anda tidak menyakiti saya. Badan ini akan kembali ke bumi dan orang-orang akan melakukan segala macam hal-hal seperti meludah. Pulanglah dan bersantailah."

Pria itu benar-benar terguncang oleh respon Buddah. Ia kembali ke rumah. Malam itu ia kembali kepada Buddha, menjatuhkan dirinya di kaki Buddha dan menangis, "Maafkan saya."

Buddha dengan tenang berkata, "Saya tidak marah saat pertama kali melihatmu. Bagaimana saya bisa memaafkanmu? Tapi saya senang melihat Anda sudah lega dari kemarahan dan dalam keadaan harmonis. Hanya ingat: jangan pernah melakukan tindakan seperti itu lagi, karena ini adalah bagaimana Anda menciptakan neraka bagi diri Anda sendiri."

No comments:

Post a Comment