Tuesday, March 24, 2015

Inspirasi - Bagaimana Saya Menemukan Harta yang Sesungguhnya

"Apakah Ayah pernah menemukan harta karun?" Saya pernah bertanya demikian kepada ayah saya. Ia tersenyum lebar dan menceritakan kisah ini. Itu terjadi beberapa tahun yang lalu dan saya tidak pernah  melupakannya.

"Suatu saat ketika aku  berusia sekitar sepuluh tahun," jelas Ayah. "Aku pergi berburu harta karun dengan kakak perempuanku. Ia mendengar beberapa orang berbicara tentang peti harta karun yang seharusnya disembunyikan di sebuah gua, jalan di belakang dari tanah kosong sekitar satu mil dari tempat tinggal kami. Suatu hari selama liburan musim panas kami pergi ke sana dan menghabiskan dua atau tiga jam mencari pintu masuk ke gua. Kemudia, aku mencoba untuk menggeser dua batu besar, tiba-tiba jatuh ke dalam lubang. Mulut terowongan itu menuju ke sebuah gua.

Adikku dan aku merangkak melalui terowongan itu ke dalam gua. Sangat gelap tapi kami telah membawa senter dan kami terkejut ketika melihat ada sebuah peti kayu besar sekitar sepuluh meter di depan kami. Tak satu pun dari kami berpikir akan benar-benar menemukan harta karun.

Kami berlari dan membukanya. Penuh dengan koin perak dan emas. Aku mulai menghitungnya, tapi kakakku mengatakan untuk berhenti. Ini hanya uang, katanya. Ini bukan harta yang nyata. Jika engkau ingin uang, yang harus dilakukan adalah bekerja untuk mendapatkannya.

Aku berdebat dengannya ketika tiba-tiba melihat peti logam besar di sisi lain gua. "Itu harus menjadi harta yang sesungguhnya." Aku berteriak dan kami berdua berlari ke peti logam itu. Peti ini lebih sulit untuk dibuka dan kami gembira ketika kami akhirnya bisa membukanya.

Peti penuh dengan patung-patung manusia dan hewan. Beberapa patung terbuat dari gading, ada yang terbuat dari marmer dengan berlian untuk mata dan rubi untuk bibir, dan beberapa terbuat dari emas. Aku mengambil salah satu patung emas dari peti itu dan berdiri. Ketika saya membunyikan patung itu di dekat daguku, adikku berteriak, "Jangan lakukan itu!". "Ini hanyalah keindahan dan seni. Ini bukan harta yang nyata. Harus ada sesuatu yang lebih baik di sini."

Tapi tidak ada yang lain di dalam gua. Kami mencari dan mencari lagi, tapi hanya ada dua peti itu. Sementara, baterai senter mulai habis, dan bohlam lampu senter mulai redup. Kami ketakutan dan merangkak kembali ke terowongan. Tapi adikku terjebak setengah jalan di dalam terowongan. Aku mencoba menariknya keluar, tapi aku tidak bisa. Aku mulai menangis. "Cari seseorang untuk membantuku," kata kakakku.

Aku berlari naik dan turun jalan mengetuk pintu meminta orang-orang untuk datang membantu adikku. Tidak ada yang datang. Beberapa orang menonton TV atau  bermain video. Yang lain sibuk makan, atau menelepon. Beberapa orang tidak percaya padaku dan tidak ingin terlibat.

Satu-satunya yang akan membantuku adalah seorang gadis seusiaku. Ia punya tali dan sekop dan botol air. Kami kembali ke terowongan dan sekitar setengah jam kami bisa mengeluarkan adikku dari terowongan.

Kami tidak pernah memberitahu orangtua kami tentang apa yang telah terjadi. Aku berteman baik dengan gadis yang telah membantu kami. Aku bertanya mengapa ia membantu kami meskipun ia belum pernah bertemu kami sebelumnya.

Aku tumbuh dengan sangat mengaguminya. Ia sangat bertanggung jawab, amal, setia, baik, dan penuh kasih. Aku belajar banyak dari dia dan ketika kami selesai kuliah, aku menyadari bahwa ia lebih dari seorang teman yang sangat baik. Ia adalah wanita yang ingin kunikahi dan hidup bersama selama sisa hidupku. Itulah ibumu, Nak.

Aku juga belajar bahwa adikku benar. Kekayaan dan seni besar yang bagus tapi sebuah buku bagus mengatakan, "Siapa yang bisa menemukan seorang istri yang mampu? Suaminya aman percaya dalam dirinya. Ia membuka mulutnya dengan hikmat, dan kebaikan ada pada lidahnya."

Dalam ibumu, aku menemukan harta karun terbaik di dunia."

No comments:

Post a Comment