Tuesday, March 15, 2016

Kisah Inspirasi - Kisah Merak yang Bangga dengan Diri Sendiri

Seekor burung merak membual bahwa ia adalah burung paling indah dan penari terbaik di seluruh dunia. Ia melihat ke bawah pada burung lain yang tidak memiliki kecantikan atau keterampilan dalam menarik.

Seekor gagak mencoba untuk berteman dengannya. Namun, merak itu mencemooh burung gagak, "Kamu sangat jelek dan kecil dalam penampilan dan ofensif dalam suara dan perilaku. Kau adalah pemulung makanan pada sampah dan daging busuk. Beraninya kau mendekatiku? Lihatlah saya elegan, rumit, istimewa, indah, dan berbulu eksotis. Saya dikagumi karena keindahan dan anugerah serta keterampilan yang sangat baik dalam menari. Pergilah dariku."

Merak menampilkan ekor panjangnya, dan bulunya yang berwarna-warni membentang. Ia bergetar anggun, dengan bangganya menampilkan keterampilan menari yang luar biasa. Tiba-tiba macan tutul menyerang dengan mendadak dari tempat persembunyiannya dan menangkap merak sebelum ia membuat gerakan defensif, karena bulunya terbuka, membuatnya mustahil untuk melarikan diri dari predator yang menerkamnya. Tapi, gagak yang sederhana bisa terbang dengan cepat dan mudah melarikan diri dari sergapan. Duduk di atas pohon yang tinggi, buruk gagak menyaksikan nasib tragik merak yang sombong. Ia menangis dalam kesedihan.

Sejumlah besar siswa datang untuk menjadi murid Socrates, seorang filsuf Yunani yang namanya besar. Ia meminta mereka untuk melihat ke dalam kolam dan menceritakan apa yang mereka lihat di kolam. Siswa-siswa senior Socrates bertanya, mengatapa ia membuat tes seperti itu. Socrates menjawab, "Saya siap untuk menerima semua orang yang melihat ikan berenang di sekitar kolam. Tetapi mereka yang hanya melihat gambar mereka sendiri tercermin dalam air, berarti mereka sedang jatuh cinta dengan ego mereka. Saya tidak mau menerima mereka."

Kebanggaan diri menuju kebinasaan, dan kesombongan pada kejatuhan. Tidak ada yang dihormati kecuali ia rendah hati, orang-orang yang sombong berada di jalan yang akan merusak.

No comments:

Post a Comment