Thursday, June 18, 2015

Cerita Inspiratif - Tenangkan Pikiran yang Mengganggu

Alkisah, Buddha sedang bepergian dengan beberapa muridnya. Ketika mereka melewati sebuah danau, Buddha berkata kepada seorang muridnya, "Aku haus. Apakah engkau mau mengambilkan saya air dari danau itu?"

Murid itu berjalan ke danau. Pada saat itu, sebuah gerobak menyebrangi danau. Akibatnya, air danau menjadi sangat berlumpur dan keruh. Ia berpikir, "Bagaimana mungkin saya memberikan air berlumpur ini untuk diminum oleh Buddha?"

Murid itu kembali lagi ke Buddha dan berkata, "Air di sana sangat berlumpur, Buddha. Saya pikir itu tidak cocok untuk diminum."

Sekitar setengah jam kemudian, Buddha meminta murid itu untuk kembali lagi ke danau. Murid itu menaati perintah Buddha untuk kembali lagi ke danau, dan menemukan bahwa air danau masih berlumpur. Ia kembali lagi dan memberitahu kepada Buddha.

Setelah beberapa waktu, kembali Buddha meminta murid yang sama untuk kembali lagi ke danau. Kali ini, sang murid menemukan bahwa lumpur sudah mengendap, dan air terlihat bersih dan jernih. Maka ia pun mengumpulkan air ke dalam panci dan membawanya kepada Buddha.

Buddha memandang air itu, kemudia ia menatap muridnya, dan berkata, "Lihat apa yang telah Kau  lakukan untuk membuat air ini bersih. Kau biarkan, dan lumpur akan mengendap sendiri, dan Kau pun mempunyai air yang jernih."

Demikian juga dengan pikiran kita. Ketika pikiran kita terganggu, biarkan saja. Berikan sedikit waktu. Ia akan mengendap sendiri. Kita tidak perlu berupaya keras untuk menenangkannya. Ini akan terjadi. Tanpa usaha.

Memiliki "Peace of Mind" bukanlah pekerjaan berat. Itu adalah proses yang mudah. Jadi, jagalah agar pikira kita dingin dan memiliki kehidupan yang lebih baik ke depannya.

No comments:

Post a Comment