Thursday, June 18, 2015

Cerita Motivasi - Diperbudak oleh Pikiran Sendiri

Alkisah, ada seorang pemuda yang ingin menjadi kuat. Ketika ia mendengar ada seorang bijak yang tinggal di pegunungan tinggi dan bisa membuat keajaiban, pergilah ia ke sana. Pria ini menyiapkan makanan untuk si bijak, membungkus kakinya, dan melakukan apa pun yang diperlukan oleh orang bijak itu.

Orang bijak itu sangat baik dan ramah, tapi jika ditanya tentang keajaiba, ia selalu mengulangi satu hal, "Aku seorang pria sederhana dan tidak tahu keajaiban."

Tapi pemuda itu berpikir, "Ini adalah tanda pasti seorang bijak. Hanya orang yang tahu bisa mengatakan hal-hal seperti itu. Dan orang yang menyatakan dirinya berpengetahuan, tidak tahu apa-apa."

Waktu berlalu. Pria itu belum mendapatkan apa-apa. Siang dan malam ia melayani si bijak, berharap mendapatkan rahasianya. Suatu malam pemuda itu mulai memijat orang bijak itu, bertanya tentang keajaiban. Segera saja orang tua itu tidur dan berkata, "Ini cukup. Hentikan!"

Tapi pemuda itu berkata, "Aku tidak akan berhenti sampai Anda membuka rahasia sebuah keajaiban."

"Nah," orang bijak itu melanjutkan, "Biarlah dengan cara Anda. Saya akan memberikan mantra yang sangat kuat. Anda harus mengulangnya sembilan kali setelah Anda membuat keinginan. Ini adalah mantra yang sangat kuat. Jadi, setiap keinginan Anda akan terwujud."

Ketika pemuda itu menerima apa yang diimpikannya, ia sangat senang, dan mulai mengumpulkan barang. Tetapi orang bijak itu berkata, "Jangan terburu-buru, ada satu syarat."

 "Apa syaratnya?" tanya pemuda itu.

"Untuk membuat keinginan Anda menjadi sebuah kenyataan, Anda harus berkonsentrasi dalam keheningan penuh. Dan, yang paling penting, Anda tidak harus memikirkan tentang monyet kuning!"

"Oh, itu tidak masalah!" kata pemuda itu. "Saya tidak akan pernah berpikir tentang monyet apa pun."

Dan pemuda itu pun meninggalkan tempat tinggal orang tua bijak itu. Dalam perjalanan pulang, ia mulai melihat beberapa wajah. Tapi ia sedang terburu-buru dan tidak terlalu memperhatikannya. Ia ingin duduk diam dan membuat keinginan sesegera mungkin.

Ketika ia sampai di rumah, tampaklah bahwa monyet memandangnya dari semua jendela. "Apakah ini khayalan?" pikirnya. Tapi itu hanya awal! Begitu duduk, membuat keinginan, dan mengatakan mantra, hal yang paling menarik telah dimulai! Monyet mengelilinginya. Mereka berteriak, membuat wajah tersenyum, menarik bajunya. Sungguh tak tertahankan!

Ketika pagi datang, ia tidak bermimpi tentang keajaiban. Ia hanya ingin tidur. Tapi sia-sia! Monyet sepertinya menghantuinya di mana-mana.

Malam berikutnya pemuda itu mendatangi kembali tempat tinggal orang tua bijak itu. Orang bijak itu rupanya telah menunggunya. "Apa yang terjadi? Apakah monyet itu  mengganggu Anda?" tanya orang bijak itu sambil tersenyum.

"Tidak ada waktu untuk tertawa. Apakah itu lucu?" tanya pemuda itu. "Apakah monyet itu mengganggu saya? Anda adalah seorang pria tua dan tidak malu membuat lelucon seperti itu? Saya telah menerima Anda sebagai guru saya, dan apa yang Anda lakukan? Saya hampir gila! Ambil mantra Anda kembali dan bebaskan pikiran saya. Alih-alih mengajar saya keajaiban, Anda telah mengembangkan pikiran monyet dalam diri saya!"

Orang tua itu dengan lembut tersenyum, berkata, "Ini salahmu. Saya telah memperingatkan Anda bahwa saya tidak tahu keajaiban. Selain itu, saya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana berkembang dan diperbudak pikiran sendiri. Dan, yang pertama-tama, Anda sendirilah yang harus mengembangkannya."

Demikianlah dalam hidup kita. Terkadang keinginan yang menggebu-gebu dalam diri kita justru akan memperbudak pikiran kita sendiri. Dan kita sendirilah yang akhirnya akan mengembangkannya, hingga membuat kita terbelenggu.

No comments:

Post a Comment