Thursday, June 18, 2015

Kisah Inspiratif - Kisah Susu Banteng

Suatu hari Raja Akbar sakit, hingga harus dipanggilkan dokter. Setelah memeriksa Raja, dokter berkata, "Saya punya obat yang sangat manjur, cepat membuat Anda sehat, tetapi Anda harus meminumnya dengan susu banteng."

Kemudian ia mengambil botol kecil dari kotak, dan memberikannya kepada Akbar. Raja sangat terkejut, karena ia belum pernah mendengar banteng yang menghasilkan susu. "Bagaimana mungkin?" tanyanya. "Apa tidak ada yang salah?"

"Tidak, Baginda. Suruhlah Birbal untuk mendapatkannya. Dia sangat pintar, bisa melakukan apa pun."

Dokter itu sanga membenci Birbal, karena selalu mengatakan hal buruk tentang apa yang dokter itu lakukan. Ia pikir inilah cara untuk membuatnya kesulitan.

Setelah dokter itu pergi, Raja Akbar memanggil Birbal dan menceritakan apa yang telah terjadi. Birbal segera mengerti bahwa dokter itu sedang berusaha membuat kesulitan untuknya.

"Tapi bagaimana bisa banteng memberikan susu?" tanya Birbal. Akbar marah, "Saya tidak tahu. Tapi dokter mengatakan bahwa susu sapi, atau dari hewan betina lainnya, tidak ada gunanya bagi saya. Pergi dan mendapatkan susu dari beberapa banteng sekaligus. "

Birbal tahu bahwa lebih baik untuk tidak mengatakan apa pun. Dia membungkuk dan pergi.

Ketika ia sampai di rumah, ia makan, dan duduk berpikir bagaimana mendapatkan susu banteng yang dibutuhkan itu. Putrinya, melihat Birbal tampak begitu serius, bertanya apa yang terjadi.
"Apakah semua baik-baik saja di istana?" tanyanya.

"Istana penuh dengan kejadian aneh," jawab Birbal singkat. "Mereka tidak perlu perhatianmu."

Tapi anak Birbal tahu bahwa ada sesuatu yang mengkhawatirkan ayahnya, dan akhirnya Birbal pun bercerita pada anaknya. Mendengar permintaan aneh Raja tentang susu banteng, anak Birbal berkata, "Jangan khawatir, Ayah. Saya akan membantu Anda. "

Hari berikutnya ia mengumpulkan beberapa pakaian tua, pergi ke tepi sungai dekat istana, dan memilih tempat langsung di bawah jendela kamar tidur Raja. Di tengah malam, ketika semua orang sedang tidur, dia mulai mencuci. Pertama ia membasahi pakaian di sungai, kemudian memukulnya dengan tongkat. Setiap kali pukulan, ia berteriak, "Buk, gedebuk!" dilanjutkan suara tongkat. "Hoish, hoish!" teriak gadis itu. Raja segera terjaga dan marah karena bising.  Ia mengirim penjaga untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Penjaga keluar untuk mencari orang yang telah mengganggu tidur Raja. Mereka menemukan seorang gadis muda di tepi sungai.

"Apa yang kau lakukan di sini?" tanya penjaga.

"Tidak bisakah kau lihat?" jawab gadis itu, yang tak lain adalah anak Birbal. "Saya mencuci pakaian."

"Ini bukan waktu untuk mencuci pakaian. Kamu siapa?"

"Saya seorang manusia. Jika itu tidak cukup, saya seorang gadis."

"Anak siapa?"

"Ayahku," jawab gadis itu.

"Siapa ayahmu?"

"Suami ibuku."

"Jadi Kau mencoba untuk pintar ya," kata penjaga itu. "Ikut bersama saya menghadap Raja. Kami akan melihat apa yang Kau katakan padanya. "

Penjaga itu membawa ke istana Raja, lalu mengatakan kepada raja apa yang telah terjadi. Hal ini membuat Akbar marah. Beralih ke gadis itu, katanya berat, "Siapa kau? Mengapa Kau mencuci pakaian di luar jendela saya? "

Gadis itu pura-pura takut. "Baginda," katanya, "Aku harus mencuci pakaian di malam hari. Sore ini ayah saya memiliki anak-anak yang cantik. Aku sibuk sepanjang hari karena itu. Kemudian saya menemukan tidak ada pakaian bersih untuk bayi, jadi aku harus datang dan mencuci mereka di malam hari. Permisi, Baginda. "

"Apa!" Teriak Akbar. "Apakah Kau mencoba untuk membodohi saya? Atau Kau gila? Siapa yang pernah  mendengar seorang pria memiliki bayi? "

"Baginda, sampai sekarang saya belum mendengar hal seperti itu, tetapi hal-hal baru yang aneh terjadi di kota ini," jawab gadis itu.

"Apa maksudmu?" tanya Akbar.

"Nah, Baginda, jika Raja sendiri memerintahkan seseorang untuk mendapatkan susu banteng, mengapat tidak bisa seorang pria memiliki bayi?"

Akbar kemudian mengerti dan tersenyum pada gadis itu, itu pasti ada kaitannya dengan Birbal.

"Ya, Baginda, saya putrinya."

Akbar adalah seorang raja yang adil dan berpikiran adil. Dia tidak marah, tapi takjub dengan keberanian dan kepandaian gadis itu.

"Kau bisa pergi dan memberitahu ayahmu," katanya, "bahwa Akbar telah menerima susu banteng. Ini untuk memberi makan bayi yang dimiliki Birbal."

"Tapi, Baginda, bagaimana ayah saya percaya padaku?"

"Saya akan menuliskannya untukmu," kata raja. Lalu ia mengambil secarik kertas, dan menuliskan "Susu banteng yang dikirim oleh anak Anda telah diterima" Dia kemudian menandatanganinya, dan memberikan kertas untuk gadis muda itu.

Dokter sangat terkejut ketika Birbal menunjukkan kertas itu padanya. Ia begitu terkejut hingga merasa sakit kepala, dan minum obatnya sendiri.

Keberanian dan kepandaian yang dimiliki seseorang dapat mengalahkan kebencian orang lain.

No comments:

Post a Comment