Thursday, June 18, 2015

Kisah Inspiratif - Kisah Pedagang Minyak dan Koin Emas

Raja sering meminta Birbal untuk menyelesaikan perselisihan di antara penduduknya. Bahkan hakim mengundang Birbal untuk kasus-kasus sulit. Seperti kisah berikut.

Suatu hari seorang pedagang minyak datang ke Birbal. "Yang Mulia, "katanya, "beberapa waktu yang lalu saya meminjamkan seratus ribu kepada teman ketika ia membutuhkan uang. Sekarang ia menolak untuk membayar saya sejumlah itu. "

"Apakah tidak ada tanda terima secara tertulis?" tanya Birbal. "Atau ada orang hadir sebagai saksi ketika Anda meminjamkan uang?"

"Tidak ada," jawab orang itu. "Aku tidak punya apa-apa untuk membuktikannya. Kami pedagang sering saling membantu tanpa perjanjian tertulis, tapi Tuhan tahu saya mengatakan yang sebenarnya. Kali ini teman saya sendiri tidak berkata benar." 

"Tuliskan apa yang Anda katakan, dan tanda tanganilah," kata Birbal. "Aku akan memikirkan masalah ini, dan katakan nanti apa yang harus dilakukan."

Setelah pedagang itu menulis dan menandatangani pernyataannya, ia pergi. Birbal memanggil pedagang lainnya.

"Hari keberuntungan bagi saya!" si pedagang memulai, tapi ia berubah pikiran ketika Birbal menunjukkan kepadanya pernyataan itu. "Dunia yang buruk ini!" katanya. "Bahkan teman saya tidak mengatakan yang sebenarnya tentang saya."

"Sepertinya saya adalah dunia yang baik, "kata Birbal. 'Apakah pria ini tidak pernah meminjamkan uang kepada Anda?"

"Tidak. Saya telah membantunya berkali-kali, dan inilah bagaimana ia berterima kasih. Ini pasti karena dagangan saya laris dan ia belum."

"Anda mengatakan tidak ada kebenaran dalam pernyataan ini?" tanya Birbal. 

"Tidak ada sama sekali, Pak. Saya belum pernah menyentuh setiap uangnya. Jika ia meminjamkan sejumlah besar, ia pasti memiliki tanda terima."

"Tidak ada tanda terima dan tidak ada bukti," kata Birbal dengan tenang.

"Jelas itu, Pak, bahwa pernyataan ini tidak benar. Dibuat hanya untuk menyakiti saya."

"Itulah yang saya pikir," kata Birbal. "Tapi sebagaimana pernyataan itu dibuat, saya harus memastikan. Saya minta maaf telah mengganggu Anda."

Pedagang kedua kemudian meninggalkan Birbal.

Hari berikutnya Birbal membeli dua kaleng besar minyak. Dia kemudian dikirim satu ke pedagang pertama dan memintanya untuk menjualnya lagi karena tidak cukup murni. "Berikan saya uangnya nanti," katanya. Birbal mengirim kaleng lain untuk pedagang kedua dengan permintaan yang sama.

Begitu dua pedagang mencapai toko-toko mereka, mereka menuangkan minyak ke wadah. Dengan demikian mereka menemukan koin emas di bagian bawah kaleng. Pedagang pertama memberikan koin itu segera untuk Birbal.

"Koin emas ini, "katanya, "yang ada di kaleng karena oleh kesalahan."

Birbal mengucapkan terima kasih. Dia sekarang yakin bahwa orang ini jujur.

Pedagang kedua mengambil koin emas, dan memutuskan untuk menyimpannya. Dia memanggil anaknya dan berkata, "Aku telah menemukan koin emas dalam kaleng ini. Tetap hati-hati. Saya minta kau menyimpannya."  

Setelah menjual minyak, kedua pedagang itu memberi uang hasil penjualan kepada Birbal.

Birbal mengucapkan terima kasih kepada pedagang pertama dan membiarkan dia pergi, tapi dia berkata kepada pedagang kedua, "Kaleng tadi berisi satu setengah liter minyak. Anda memberi saya uang hanya untuk satu liter."

"Tidak, Yang Mulia," jawab orang itu, 'kaleng hanya berisi satu liter. Saya menimbang sebelum menuangkannya. Anak saya ada di sana pada saat itu. "

"Mungkin aku salah," kata Birbal. "Harap tunggu sementara saya memastikan."

Birbal pergi ke ruangan lain, memanggil pegawainya dan memberinya alamat pedagang kedua ini. "Panggil anak pedagang ini," katanya, "katakan padanya untuk datang ke sini. Ayahnya ingin ia membawa koin emas yang ia temukan di kaleng."

Secara singkat, pegawai itu kembali bersama si anak pedagang. Pedagang itu terkejut melihat anaknya.

"Apakah ini koin emas Anda?" tanya Birbal. "Ya, Yang Mulia." Anak itu mengeluarkan dari sakunya.

"Hanya satu?" tanya Birbal. "Tidakkah ayahmu mengatakan ada dua di kaleng?"

"Kenapa Anda mengatakan itu, Ayah?" tanya anak itu. "Kapan Anda menemukan dua? Anda hanya memberi saya satu."

Pedagang pindah dari satu kaki ke kaki lain. Dia mengerti bahwa ia telah ditangkap, tapi ia masih berusaha untuk menyelamatkan diri.

"Kau bodoh," katanya marah. "Siapa di dunia akan menempatkan koin emas di kaleng minyak?"

Anak itu bahkan lebih terkejut, tapi ia mengatakan dengan sabar, "Bagaimana Anda bisa mengatakan hal seperti itu, Ayah? Hari itu ketika Anda akan memanaskan minyak, Anda mendapatkan koin emas dari kaleng itu. Apa Anda tidak ingat, Anda meminta saya untuk menyimpannya?" 

"Kau pasti bermimpi," kata pedagang. "Aku ingat sekarang bahwa saya memberikan koin emas untuk disimpan, tapi saya mendapatkannya dari seorang pria yang datang ke toko."

"Itu bukan mimpi," kata Birbal, yang mendengarkan. Kemudian, beralih ke pedagang, ia menambahkan: "Saya menempatkan koin emas dalam kaleng untuk menguji Anda, untuk melihat apakah Anda jujur."

"Mungkin aku lupa apa yang sebenarnya terjadi," kata pedagang. "Mengapa saya harus menyimpan uang seseorang? Anakku, berikan Tuan Birbal koin emas itu." 

Birbal mengambil koin dari anak itu, lalu berkata pelan, "Anda telah mengembalikan koin emas saya. Bagaimana dengan seratus ribu yang Anda pinjam dari teman Anda?"

Mendengar nama pedagang pertama, anak itu bertanya, "Apakah belum Anda kembalikan, Ayah?"

"Diam Kau!" teriak pedagang marah, tapi Birbal mengatakan kepada anak untuk menceritakan semua yang dia tahu. Anak itu kemudian menjelaskan bagaimana ayahnya meminjam seratus ribu dari pedagang pertama, dan mengatakan bahwa ia akan segera membayar uang kembali.

"Tampaknya, "kata Birbal, "anak Anda lebih jujur ​​dari Anda. Ambillah pelajaran darinya. Jika Anda siap untuk mencuri satu koin emas, berarti Anda akan lebih siap untuk mencuri jumlah yang jauh lebih besar. Ayo, katakan yang sebenarnya. "

Melihat bahwa ia tertangkap,  akhirnya pedagang itu mengakui bahwa ia berutang seratus ribu kepada temannya. Ia harus membayar itu.

Demikianlah kebohongan pasti akan terkalahkan oleh kejujuran.

No comments:

Post a Comment