Tuesday, April 19, 2016

Kisah Inspirasi - Cinta dengan Pengorbanan, Paling Unggul dari Semua Bentuk Cinta

Ada sebuah pohon dengan beberapa cabang yang menjorok ke kolam. Seekor burung bangau terbang mendarat di cabang dengan bunyi gedebuk.

Saat itu semut sedang beristirahat di salah satu cabangnya. Karena pendaratan burung bangau  yang kasar, semut kehilangan cengkeramannya dan jatuh ke kolam. Melihat ke bawah, burung bangau melihat semut itu di dalam air, berjuang untuk hidupnya. Untungnya burung itu baik dan merasa menyesal karena menyebabkan semut jatuh.

Untuk menyelamatkan hidup semut, burung itu memetik daun dari pohon dan menjatuhkannya ke dalam kolam. Pas daun itu jatuh dekat dengan semut. Dengan banyak usaha, semut naik ke daun dan didorong ke darat oleh angin. Tampak burung lega dan bersyukur.

Tiba-tiba semut melihat seorang pemburu sedang mengarahkan senjatanya pada burung bangau itu. Semut bergegas ke tempat pemburu dengan sekuat tenaga. Saat pemburu menarik pelatuk senjatanya, semut memberi gigitan tajam di kakinya. Pemburu itu kehilangan tujuannya. Burung bangau, yang mendengar suara tembakan, segera terbang ke tempat yang lebih aman.

Tindakan burung menyebabkan jatuhnya semut. Tetapi cinta timbal balik yang dicontohkan semut adalah cinta bagi mereka yang mengasihi dan membantu kita. Bentuk lain dari cinta adalah cinta estetika yang ditunjukkan terhadap benda-benda yang indah seperti bunga harum, kupu-kupu yang indah, dan senyum anak-anak. Sementara cinta egois adalah kasih sayang palsu untuk mendapatkan keuntungan material .

Cinta pengorbanan adalah cinta yang lebih unggul dari semua bentuk lain dari cinta. Ini lebih luas dan meluas bahkan kepada musuh-musuh kita dan kepada mereka yang tidak dapat mengembalikan cinta kita. Cinta ini tidak memiliki batasan atau kondisi.

No comments:

Post a Comment