Saturday, November 9, 2013

Berkah Dari Memberi

Tiga orang muda miskin pada suatu kisah diberi masing-masing tiga butir biji jagung oleh orang bijak, yang sekaligus memperingatkan mereka untuk pergi keluar berkeliling dunia dan menggunakan jagung tersebut untuk memperoleh keberuntungan.

Pemuda pertama memasukkan tiga biji jagung tersebut ke dalam mangkuk kaldu panas dan memakannya.

Pemuda kedua berpikir, saya bisa melakukan yang lebih baik, maka ia menanam tiga biji jagung itu. Dalam beberapa bulan, ia memiliki tiga batang pohon jagung. Ia mengambil jagung-jagung dari batang pohon itu, merebusnya, dan cukup untuk tiga kali makan.

Orang ketiga berkata kepada dirinya sendiri, aku bisa melakukan lebih baik dari itu. Ia juga menanam tiga biji jagung itu. Tapi ketika tiga batang pohon jagung tumbuh, ia mengambil jagung-jagung dari pohon pertama, kemudian menanam kembali semua biji jagungnya. Kemudian ia memberikan pohon jagung yang kedua untuk seorang gadis makan, dan memakan jagung dari pohon ketiga.

Dalam satu batang pohon jagung akhirnya memberinya 200 batang pohon jagung lagi. Dan ia terus menanam kembali biji jagungnya, ia hanya menyisihkan sedikit untuk dimakan. Akhirnya ia pun menanam seratus hektar tanah dengan jagung.

Dengan kekayaannya itu, ia meminang gadis manis tadi dengan membeli tanah milik ayah gadis manis itu. Dan sejak saat itu ia tidak pernah kelaparan lagi.
Sent from BlackBerry® on 3

No comments:

Post a Comment