Monday, November 11, 2013

Seberapa Jauh Kita Melangkah??

Hari ini adalah hari penting bagi para elang muda. Selama ini elang muda selalu bergantung pada elang tua untuk menggambarkan perjalanannya. Mereka sedang mempersiapkan penerbangan pertamanya dari sarang. Membangun kepercayaan diri ternyata tak muda, apalagi ini untuk memenuhi takdir mereka yang harus bisa terbang.

"Seberapa jauh saya dapat melakukan perjalanan?" tanya seekor elang muda.

"Seberapa jauh Kau dapat melihat?" Elang tua menanggapi.

"Seberapa tinggi aku bisa terbang?" tanya elang muda yang lain.

"Seberapa jauh kau bisa meregangkan sayapmu?" tanya elang tua.

"Berapa lama saya bisa terbang?" tanya elang muda itu lagi.

"Seberapa jauh cakrawala?" balik tanya elang tua.

"Berapa banyak yang harus saya impikan?" elang muda itu tetap bertanya.

"Berapa banyak yang bisa bermimpi?" elang tua itu tersenyum bijaksana.

"Berapa banyak yang bisa saya capai?" terus tanya elang muda itu.

"Berapa banyak yang bisa percaya?" elang tua itu menantang.

Frustasi karena merasa diolok-olok, elang muda bertanya lagi, "Mengapa Anda tidak menjawab pertanyaan saya?"

"Sudah saya lakukan," jawab elang tua.

"Ya. Tapi kau menjawab pertanyaan dengan pertanyaan."

"Aku menjawab yang terbaik yang saya bisa."

"Tapi kau Elang Tua. Kau seharusnya tahu segalanya. Jika kau saja tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan, lalu siapa yang bisa menjawabnya?"

"Kau sendiri," elang tua itu dengan bijak meyakinkan.

"Aku? Bagaimana caranya?" elang muda itu bingung.

"Tidak ada yang bisa memberitahumu seberapa tinggi kau bisa terbang atau berapa banyak kau bermimpi. Akan berbeda pada setiap elang. Hanya Tuhan dan Kau sendiri yang tahu seberapa jauh kau pergi. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tahu potensimu sendiri atau apa yang ada di hatimu. Kau sendirilah yang bisa menjawab itu. Satu-satunya hal yang membatasimu adalah imajinasimu."

Elang muda masih bingung, dan bertanya, "Apa yang harus saya lakukan?"

"Lihatlah cakrawala, lebarkan sayap, dan terbanglah."
Sent from BlackBerry® on 3

No comments:

Post a Comment