Tuesday, November 3, 2015

Inspirasi - Apapun yang Berlebihan Itu Tidak Baik

Alkisah, ada padang rumput yang luas di dekat tepi sebuah hutan. Gembala dari desa terdekat datang ke sana dengan membawa ternak mereka. Sedangkan ternak mereka merumput, para gembala menghabiskan waktu mereka bermain berbagai permainan.

Pada akhir padang rumput, ada sebuah pohon besar yang memiliki cekungan besar tapi dengan pintu masuk yang sempit. Para gembala itu menggunakan cekungan besar di pohon itu untuk menyimpan bungkusan makan siang mereka. Saat tengah hari, mereka mengambil bungkusan makan siang itu lalu mereka menikmatinya bersama-sama.

Suatu hari seekor rubah lapar, dan kebetulan ia mengetahui kebiasaan yang dilakukan para gembala itu. Ia ingin mendapatkan bungkusan makan siang itu, sehingga ia mengikuti para gembala untuk mencapai cekungan di pohon besar itu. Perutnya sangat kempis karena kelaparan. Jadi, ia pun mampu masuk ke dalam cekungan pohon itu tanpa banyak kesulitan.

Rubah itu  memakan sampai habis bungkusan makan siang para gembala. Kini, perutnya jadi membuncit dan ia tidak bisa keluar dari lubang pohon itu. Segera saat tengah hari, para gembala datang ke lubang pohon itu untuk mengambil bungkusan makan siang mereka.

Ternyata, mereka menemukan seekor rubah di dalam lubang itu dan akhirnya memberinya pukulan karena telah mengambil makan siang mereka.

No comments:

Post a Comment