Tuesday, November 3, 2015

Inspirasi - Kisah Pertemanan Monyet dan Buaya

Monyet dan Buaya tinggal di sebuah danau yang indah, dikelilingi oleh rumput hijau subur, pohon-pohon yang indah, pegunungan, dan pohon jamblang yang paling lezat. Hiduplah seekor monyet di salah satu pohon jamblang yang terletak dekat danau.

Di danau itu juga terdapat beberapa buaya. Ada satu buaya yang mengumpulkan buah jamblang yang jatuh ke danau.

Karena buaya mengunjungi pohon jamblang itu setiap hari, ia menjadi berteman dengan monyet. Buaya dan monyet bertemu setiap hari. Monyet membantu buaya menyediakan lebih banyak dan segar buah jamblang dari pohon. Hubungan mereka berlanjut dan mereka menjadi sahabat dekat.

Suatu hari, monyet meminta buaya untuk memberikan beberapa buah jamblang untuk istri dan keluarganya sebagai buah yang lebih lezat. Buaya setuju dan memberikan banyak buah jamblang  kepada istrinya.

Istrinya sangat gembira dan terkejut karena ia tidak pernah makan buah-buahan begitu lezat, sejauh ini. Dia bertanya suaminya, di mana ia mendapatkan buah-buahan itu. Buaya mengatakan, temannya, monyet yang tinggal di pohon jamblang memberikan buah itu untuknya.

Istri buaya membuat sebuah rencana dalam pikirannya. Dia bertanya pada suaminya, "Apakah temanmu makan buah ini setiap hari?"

Buaya itu menjawab, "Ya."

Istri buaya menukas lagi, katanya, "Oh ya ampun. Ini adalah buah manis yang pernah kita makan. Bayangkan bagaimana lezat hati monyet jika ia makan buah ini setiap hari! Aku butuh hati temanmu. Bisakah engkau membawakan untuk saya?"

Buaya terkejut mendengar hal itu dari istrinya. Dia menjawab, "Tapi ia adalah teman dekat saya. Saya tidak bisa melakukan ini padanya."

Istri buaya berkata lagi, "Jangan khawatir. Kau hanya perlu membawanya ke sini. Saya kemudian yang akan mengurusnya. Atau, kau bisa mencoba mendorongnya ke dalam air jika ia tidak tahu caranya berenang."

Setelah waktu yang lama, buaya setuju untuk membawa monyet kepada istrinya.

Keesokan harinya, buaya mengundang monyet untuk bergabung dengan mereka untuk makan siang dan meminta makanan favoritnya. Monyet gembira dan setuju untuk menjadi tamu, tetapi ia khawatir karena tidak tahu bagaimana berenang di danau.

Buaya memikirkan kesedihan monyet, dan mengatakan kepadanya, "Jangan khawatir. Saya akan membawamu pada punggung saya dan akan membawa kembali dengan selamat juga! '

Monyet menerima tawaran itu dan buaya pun membawa di punggungnya ketika melewati danau. Ketika mereka sampai setengah jalan, buaya mencoba untuk mendorong monyet ke dalam air. Namun, monyet memegang buaya dengan erat dan tidak jatuh. Monyet curiga tentang tindakan buaya dan memintanya untuk mengatakan yang sebenarnya.

Karena buaya meyakini monyet sebagai teman baiknya, ia menceritakan percakapan dan perselisihan dengan istrinya yang ingin mencelakai monyet untuk makan hatinya!

Monyet yang cerdas berkata, "Oh sahabatku, mustinya kau cerita sejak tadi. Aku meninggalkan hatiku di salah satu cabang pohon yang tidak kubawa ika melakukan perjalanan panjang. Jika kau membawaku kembali, aku bisa memberikan hatiku."

Buaya menerima saran monyet dan membawa monyet kembali ke danau. Saat mereka mencapai pohon di mana monyet hidup, monyet naik dengan cepat dan melarikan diri dari buaya.

Monyet berteriak pada buaya, "Saya pikir Kau sebagai teman yang baik, tetapi kau menipuku. Aku tidak akan pernah kembali dan tidak akan pernah menjadi temanmu."'

Buaya mengerti kesalahannya dan kembali pulang dengan tangan kosong, bahkan kehilangan seorang teman yang baik.

No comments:

Post a Comment