Tuesday, November 3, 2015

Inspirasi - Tak Ada Kesuksesan Tunggal

Alkisah, tiga orang pemuda terlibat dalam bisnis perdagangan di bawah pengawasan ayah mereka. Mereka sangatlah kaya. Setiap pemuda mahir dalam bagiannya masing-masing.

Yang satu baik dalam bagian penjualan, sementara yang lain kompeten dalam hal pembelian. Dan yang ketiga mahir dalam bidang keuangan.

Sayangnya, pada suatu hari sang ayah jatuh sakit dan hanya bisa berbaring di tempat tidur. Anak-anaknya akhirnya memutuskan untuk membagi bisnis tersebut. Mereka yakin dapat menangani bisnis baru dengan keahlian masing-masing.

Sang ayah merasa sedih dan sempat marah dengan keputusan mereka. Tapi ia tak berdaya karena akhirnya pembagian bisnis itu pun terjadilah.

Akibatnya, mereka menjadi pesaing satu sama lain. Dengan berlalunya waktu, mereka mulai mengalami kerugian besar dalam bisnis masing-masing. Mereka mencoba semua cara yang mungkin agar bangkit lagi, sayangnya situasi justru makin menjadi lebih buruk.

Kemudian mereka mendatangi sang ayah untuk meminta nasihat. Ayah mereka berkata, "Ketika kalian semua melakukan bisnis bersama-sama, bisnis itu berhasil cepat. Tapi itu bukan karena salah satu dari kalian bertanggung jawab untuk keberhasilan bisnis, tetapi karena kalian bertiga bekerja sama untuk membuat bisnis itu sukses."

Ketiga pemuda itu menyadari kesalahan mereka dan bersatu kembali.

Demikianlah, perpecahan selalu menimbulkan keruntuhan. Ingat akan pepatah 'bersatu kita teguh bercerai kita runtuh'.

No comments:

Post a Comment