Tuesday, November 3, 2015

Inspirasi - Berjalan dengan Keong

Tuhan memberiku sebuah tugas, yaitu membawa keong jalan-jalan. Kalian tahu sendiri 'kan bagaimana keong berjalan? Tentu saja aku tidak bisa jalan terlalu cepat, meski keong sudah berusaha keras merangkak. Ia hanya beralih sedikit demi sedikit.

Aku tidak sabar. Aku mendesaknya, menghardiknya, dan memarahinya. Keong memandangku dengan pandangan meminta maaf, seolah-olah ia berkata, "aku sudah berusaha dengan segenap tenagaku!"

Aku  menariknya, menyeret, bahkan menendangnya, ah… keong terluka. Ia mengucurkan keringat, napasnya tersengal-sengal, ia merangkak lagi ke depan.

Sungguh aneh, mengapa Tuhan memintaku mengajak seekor keong berjalan-jalan. Ya, Tuhan! Mengapa? Langit sunyi-senyap. Kubiarkan keong merangkak di depanku, dengan kesal aku mengikuti di belakangnya.

Pelankan langkah, tenangkan hati.

Apa ini? Tiba-tiba tercium aroma bunga. Ternyata ini adalah sebuah taman bunga. Aku rasakan hembusan angin sepoi-sepoi, ternyata angin malam bertiup demikian lembutnya. Ada lagi! Aku dengar suara kicau burung, suara dengung cacing. Aku lihat langit penuh bintang cemerlang.

Mengapa dulu tidak pernah kurasakan semua ini? Barulah aku teringat. Mungkin aku telah salah menduga.

Ternyata Tuhan meminta keong untuk menuntunku jalan-jalan, sehingga aku bisa memahami dan merasakan keindahan taman ini. Ini tak pernah kualami seandainya aku berjalan sendiri dengan cepatnya. Ternyata Tuhan meminta keong menuntunku jalan-jalan sehingga aku dapat mamahami dan merasakan keindahan taman ini yang tak pernah kualami kalo aku berjalan sendiri dengan cepatnya.

Saat kita bertemu dengan orang yang benar-benar kita kasihi, maka berusahalah memperoleh kesempatan untuk bersamanya seumur hidup kita. Karena ketika ia telah pergi, segalanya telah terlambat.

Saat bertemu dengan teman yang bisa kita percaya, maka berusahalah rukun bersamanya. Karena seumur hidup manusia, teman sejati tidak mudah ditemukan.

Saat bertemu penolong kita, ingatlah untuk bersyukur padanya. Karena ialah yang mengubah hidup kita.

Saat bertemu dengan orang yang kita cintai, ingatlah dengan tersenyum untuk berterima kasih. Karena ialah orang yang membuat kita lebih  mengerti tentang kasih.

Saat bertemu dengan orang yang pernah kita benci, maka sapalah dengan tersenyum. Karena ialah yang membuat kita semakin teguh dan kuat.

Saat bertemu dengan orang yang pernah mengkhianati kita, maka baik-baiklah berbincang dengannya. Karena jika bukan karena ia, hari ini kita tak pernah memahami dunia ini.

Saat bertemu dengan orang yang pernah diam-diam kita cintai, berkatilah ia. Karena saat kita mencintainya, bukanlah berharap ia bahagia?

Saat bertemu dengan orang yang tergesa-gesa meninggalkan kita, berterima kasihlah bahwa ia pernah ada dalam hidup kita. Karena ia adalah bagian dari nostalgia kita.

Saat bertemu dengan orang yang pernah salah paham dengan kita, gunakan saat itu untuk menjelaskannya. Karena kita mungkin hanya punya satu kesempatan itu saja untuk menjelaskannya.

Saat bertemu dengan orang yang saat ini menemani kita seumur hidup, berterima kasihlah sepenuhnya bahwa ia mencintai kita. Karena saat ini kita bersamanya mendapatkan kebahagiaan dan cinta sejati. 

No comments:

Post a Comment