Monday, October 19, 2015

Inspirasi - Jangan Asal Menghakimi

Dalam sebuah acara talk show, seorang pembicara berkata, "Saya ingin semua panelis menjawab pertanyaan ini: Jika ada 3 calon berikut ini dipilih untuk menjadi pemimpin kita, siapa yang kalian pilih?

Calon A: Selalu di hubungkan dengan politisi jahat, memiliki dua istri muda, seorang perokok berat, dan minum 8 hingga 10 sloki minuman keras dalam sehari. Calon B: dipecat dua kali di kantornya, selalu bangun sore, dan pernah menggunakan narkoba dan minum wiski. Dan calon C: Dianggap sebagai pahlawan perang, vegetarian, tidak merokok, hanya sesekali minum minuman beralkohol, dan tidak pernah berselingkuh di luar perkawinannya.

Siapa yang akan kalian pilih, calon A, B, atau C?"

Para panelis menjawab, "Calon C."

"Oke, calon A tadi adalah Franklin D. Roosevelt, calon B adalah Winston Churchill, dan calon C yang kalian pilih adalah Adolf Hitler."

Pembicara itu berkata lagi, "Sekarang pertanyaan terakhir untuk wanita. Jika ada seorang wanita, yang sudah memiliki 8 anak, tiga diantaranya tuli, dua buta, dan satu mengalami gangguan mental, sementara wanita itu sendiri mengidap penyakit kelamin. Apakah Anda akan menyarankan wanita itu untuk menggugurkan kandungannya saat ia hamil kembali?"

Seorang wanita menjawab, "Ya, digugurkan saja."

Sang pembicara itu berkata, "Jika jawabannya iya, maka Anda baru saja membunuh satu komponis termashur di dunia, karena anak yang dikandung oleh Ibu tersebut adalah Ludwig van Beethoven."

Banyak orang cenderung dengan mudah menghakimi dan memberi penilaian kepada orang lain secara berlebihan. Maka, alangkah baiknya bila bercermin untuk menilai diri sendiri sebelum menilai orang lain. Dan memperbaiki diri sendiri sebelum menuntut orang lain memperbaiki dirinya. 

No comments:

Post a Comment