Monday, October 19, 2015

Inspirasi - Kisah Pedagang Garam dan Keledainya

Seorang pedagang dan keledainya di musim semi yang indah di pagi hari. Ia memuati keledainya dengan kantong garam untuk pergi ke pasar dan menjualnya. Pedagang dan keledai itu berjalan bersama-sama. Tidak jauh mereka berjalan, mereka mencapai sungai.

Sayangnya, keledai terpeleset dan jauh ke sungai. Ketika ia berusaha naik dari sungai itu, ia merasa bahwa tas yang dimuat di punggunya menjadi lebih ringan.

Tidak ada yang bisa dilakukan oleh pedagang itu, kecuali kembali ke rumah untuk  memuati keledainya lagi dengan tas berisi garam. Ketika mereka sampai lagi di tepi sungi yang licin, secara sengaja, keledai menjatuhkan dirinya ke sungai dan membuang semua isi tas yang ada di punggungnya lagi.

Pedagang itu rupanya tahu trik yang dilakukan oleh si keledai. Ia kembali lagi ke rumah tetapi kembali memuati keledainya dengan kantong spons.

Dasar keledai bodoh, ia mengatur lagi perjalanan seperti sebelumnya. Pada saat mencapai sungai ia kembali menjatuhkan dirinya ke dalam air. Tapi bukannya menjadi lebih ringan bebannya, malahan makin berat.

Pedagang itu menertawakannya dan berkata, "Kau keledai bodoh, aku sudah tahu trikmu. Harusnya kau tahu, mereka yang terlalu pintar terkadang terlalu berlebihan menggapai dirinya sendiri."

No comments:

Post a Comment