Monday, October 19, 2015

Inspirasi - Kisah Rubah yang Lapar

Alkisah, ada seekor rubah yang lapar mencari sesuatu untuk dimakan. Ia sangat lapar. Tidak peduli seberapa keras ia mencoba mencari, rubah itu tidak bisa menemukan makanan. Akhirnya ia pergi ke tepi hutan dan mencari makanan di sana. Tiba-tiba ia melihat sebuah pohon besar dengan lubang di dalamnya.

Di dalam lubang itu ada sebuah bungkusan. Rubah lapar itu langsung berpikir mungkin ada makanan di dalamnya, dan membuatnya sangat bahagia. Ia melompat ke dalam lubang dan ketika ia membuka bungkusan itu, ia melihat ada banyak makanan, roti, daging, dan buah di dalamnya.

Rupanya seorang penebang kayu menyimpan bungkusan makanan itu di dalam batang pohon sementara ia menebang pohon di hutan. Ia menyimpan makanan itu untuk makan siangnya.

Rubah yang bahagia itu mulai makan. Setelah selesai makan, ia merasa haus dan memutuskan meninggalkan lubang itu dan minum air dari mata air terdekat. Namun, tidak peduli seberapa keras ia mencoba, ia tidak bisa keluar dari lubang pohon itu. Kenapa? Ya, karena ia makan begitu banyak makanan hingga membuatnya besar sehingga ia tidak  muat melalui lubang pohon.

Rubah sangat sedih dan marah. Ia mengatakan kepada dirinya sendiri, "Mustinya aku berpikir dulu sebelum melompat ke dalam lubang."

Ya, demikianlah hasil dari melakukan sesuatu tanpa berpikir terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment