Monday, October 19, 2015

Inspirasi - Lebih Berharga bila Kita Memberi dari Kekurangan Kita

Mahatma Gandhi berada pada sebuah perjalanan untuk mengumpulkan dana dari berbagai kota dan desa untuk Charkha Sangh. Ia pergi ke beberapa istana dan mencapai Orissa. Saat itu ia mengadakan pertemuan di Orissa.

Ia diminta untuk menawarkan dana untuk Sangh dan memberikan pidato. Setelah pidato, seorang wanita yang sangat tua dengan badan membungkuk, pakaian compang-camping, rambut putih, kering, dan kulit keriput, berdiri. Ia berusaha untuk mencapai panggung dan meminta para relawan untuk memungkinkannya mencapai Gandhi. Namun, para relawan menghentikannya, ia tetap berjuang untuk mencapai Gandhi.

Ia menyentuh kaki Gandhi. Lalu ia mengambil sebuah koin tembaga yang disimpan di lipatan kainnya dan menempatkan koin tembaga itu di kaki Gandhi. Wanita tua itu kemudian meninggalkan panggung.

Gandhi dengan sangat hati-hati  mengambil koin itu dan meletakkannya dengan aman. Kelompok dari Sangh meminta Gandhi untuk memberikan koin tembaga itu, tetapi Gandhi menolak memberikannya.

"Saya akan mengecek senilai berapa ribu rupee untuk Charkha Sangh," kata kelompok itu sambil tertawa, "Namun, Anda tidak akan memberikan padaku koin tembaga itu."

Gandhi berkata, "Koin tembaga ini bernilai jauh lebih daripada ribuan rupee. "Jika seorang pria memiliki beberapa lakhs dan ia memberikan lebih banyak seribu atau dua, itu tidak berarti banyak."

Koin itu hanya satu-satunya yang dimiliki oleh wanita tua miskin itu. Ia bahkan tidak memiliki pakaian yang tepat dan tampaknya tidak mampu untuk makan makanan yang baik, namun ia masih memberi semua yang ia miliki. Inilah tawaran terbesar yang pernah dibuat. Itulah sebabnya Mahatma Gandhi menyebutkan bahwa koin itu sangat berharga.

Kita mungkin memiliki banyak kekayaan, tapi itu tidak membuat kita murah hati. Menawarkan uluran tangan ketika tidak mempunyai apa pun atau kekayaan yang sangat sedikit, justru membuatnya lebih berharga.

No comments:

Post a Comment