Monday, December 21, 2015

Kisah Inspirasi - Kejujuran adalah Kebijakan Terbaik

Seorang wanita datang ke toko dengan fasilitas freezer dan meminta ayam utuh. Penjaga toko mencari di freezer dan menemukan hanya satu ekor ayam yang tersisa. Beratnya satu setengah kilogram. Ia membawa kepada wanita itu dan mengatakan berat serta harga seekor ayam itu.

Wanita itu berpikir sejenak dan berkata, "Saya butuh satu yang lebih besar. Tokong beri saya satu ekor ayam yang beratnya setidaknya dua kilogram."

Penjaga toko itu memutuskan untuk menipu wanita itu. Ia membawa ayam itu kembali ke dalam freezer, pura-pura mencari di dalamnya, dan kembali dengan membawa ayam yang sama. Katanya, "Anda bisa membawa ayam yang lebih besar ini. Beratnya dua kilogram."

Wanita itu berpikir sejenak dan berkata, "Baik, saya akan mengambilnya. Tapi seperti yang diharapkan beberapa pengunjung hari ini, saya tidak mau mengambil risiko. Tolong beri saya ayam yang lain saja. Ambilkan ayam lain yang ada di freezer sekarang." Penjaga toko itu pun kehilangan kata-kata.

Kita harus berbicara hanya kebenaran. Ketika kata-kata yang dimanipulasi untuk mendapatkan sesuatu dengan cara kita sendiri,  bahkan menyimpang dari kebenaran dan kebajikan, itu adalah tidak benar. Praktik bisnis yang tidak jujur, curang, menghindari pajak, menolak untuk membayang utang, plagiarisme, dan kepemilikian tidak sah, semuanya itu dilarang.

Kejujuran adalah kebijakan terbaik. Ini adalah aturan yang baik bahwa kita harus setia dan jujur dalam setiap tindakan, baik besar dan kecil.

No comments:

Post a Comment