Monday, December 21, 2015

Kisah Inspirasi - Kisah Dua Ikan

Seekor ikan besar dan ikan kecil tinggal di sebuah danau yang besar. Ikan yang besar bangga akan ukuran dan kekuatannya. Ia menertawakan ikan kecil. Ia sering kali mengejek ikan kecil.

Dengan sombongnya, ikan besar berkata kepada ikan kecil, "Beraninya kau bicara padaku? Kau terlalu kecil dan konyol. Sementara aku sangat kuat dan kokoh. Kau terlalu kecil dan lemah. Malu rasanya mengatakan kalau kau termasuk keluarga ikan."

Tapi ikan kecil itu sangat menghormati ikan besar, sehingga ia tidak mau membalas kata-kata ikan besar. Tiba-tiba jaring diturunkan oleh nelayan untuk menangkap ikan.

Keduanya tertangkap dalam jaring, tetapi ikan kecil bisa dengan mudah melarikan diri melalui lubang jaring. Sementara ikan besar tertangkap dalam jaring, terjerat, dan terperangkap dalam jaringnya. Ikan kecil merasa sedih melihat temannya tertangkap dalam jaring nelayan, karena ia merasa telah dibesarkan bersama-sama.

Jaring itu dibawa oleh nelayan ke pantai. Ikan besar dengan angkuh melompat untuk melarikan diri. Namun, sia-sia saja. Ia kehilangan napas dan akhirnya mati. Sementara itu ikan kecil berenang diam-diam ke sisi danau yang lebih aman. Ia tetap mengkhawatirkan nasib temannya.

Fred Smith, pendiri FedEx, mengatakan, "Kerendahan hati tidak menyangkal kekuatan yang Anda miliki. Perlu disadari bahwa kekuatan datang melalui Anda, bukan dari Anda."

Kerendahan hati adalah kualitas yang aneh. Saat orang mengira ia memilikinya, ia akan kehilangan itu. Harga diri pergi sebelum jatuh.

No comments:

Post a Comment