Monday, December 21, 2015

Kisah Inspirasi - Obat yang Paling Manjur

Alkisah, seorang ibu muda sudah berhari-hari tidak makan, hingga tubuhnya semakin kurus. Seorang tabib tua memeriksa denyut nadinya.

Tabib itu berkata, "Anda memendam begitu banyak masalah dalam hati Anda, sehingga badan menjadi lemah. Karena sebenarnya Anda tidak memiliki penyakit yang parah.

Setelah mendengar diagnosis tabib tadi, ibu muda itu merasa sangat lega seperti terlepas dari beban berat. Kemudian, ibu mudah itu pun menceritakan semua masalahnya pada sang tabib.

Tabib tua itu bertanya, "Bagaimana perasaan suami Anda terhadap Anda?

Ibu muda itu menjawab dengan tersenyum, "Sangat menyayangi saya."

Tabib tua itu  bertanya lagi, "Apakah Anda memiliki anak?"

Dengan penuh cerita ibu muda itu menjawab, "Ada, seoragn putri, sangat pengertian."

Selagi tadi bertanya, tabib itu  menuliskan sesuatu. Setelahnya, ia memperlihatkan tulisannya di dua kertas pada ibu muda itu. Lembar yagn satu bertuliskan masalah ibu muda itu, dan lembaran yang lain berisikan sukacita si ibu muda.

Kemudian, tabib itu berkata pada ibu muda itu, "Kedua kertas ini adalah resep obat untuk penyakit Anda. Anda mencatat semua masalah yang Anda hadapi, dan melupakan sukacita di sekitar Anda."

Sambil berkata begitu, sang tabib tua menyuruh muridnya membawakan sebaskom air dan tinta. Setelah itu, ia meneteskan tinta hitam ke dalam air yang jernih. Terlihat warna hitam muda dari tetesan tinta yang mulai menyebar ke seluruh permukaan air. Dan dalam sekejap, tinta itu tak terlihat lagi.

Sang tabib berkata lagi, "Ketika tinta hitam masuk ke dalam air, warnanya akan memudar. Bukankah kehidupan kita juga begitu?"

Sering kali beban penderitaan yang begitu berat kita rasakan, lebih dikarenakan diri kita sendiri yang terlalu terpaku pada masalah-masalah yang ada dan melupakan sukacita yang ada di sekitar kita. Cobalah belajar untuk mencampurkan sedikit demi sedikit penderitaan pada air kehidupan yang jernih, luas, dan berisi sukacita kita. Dengan begitu, beban hidup kita akan terasa lebih ringan. 

No comments:

Post a Comment