Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Bagaimana Menghormati Orang yang Lebih Berpengalaman

Alkisah, ada sebuah pohon beringin besar di sebuah hutan. Tinggal di dekat pohon beringin ini tiga teman yang sangat baik. Mereka adalah puyuh, monyet dan gajah. Masing-masing dari mereka cukup pintar.

Terkadang ketiga sahabat itu bertengkar. Ketika ini terjadi, mereka tidak mempertimbangkan bahwa salah satu pendapat dari mereka yang benar. Tidak peduli seberapa banyak pengalaman masing-masing, pendapatnya diperlakukan sama seperti yang lain. Mereka mencari solusi untuk mencapai kesepakatan. Setiap kali ini terjadi, mereka harus memulai dari awal untuk mencari solusi.

Mereka menyadari bahwa itu akan menghemat waktu, dan membantu persahabatan mereka, karena akan memperpendek perdebatan mereka. Mereka memutuskan bahwa itu pasti akan membantu jika mereka dianggap opini paling berharga pertama. Kemudian, jika mereka bisa setuju pada satu itu, mereka akan tidak perlu membuang waktu, dan bahkan mungkin menjadi kurang ramah, dengan berdebat tentang dua lainnya.

Untungnya, mereka semua berpikir bahwa pendapat paling berharga adalah pendapat dari orang yang paling berpengalaman. Oleh karena itu, mereka bisa hidup bersama bahkan lebih damai jika mereka memberi penghormatan yang lebih tinggi untuk yang tertua di antara mereka. Hanya jika pendapatnya jelas salah, maka mereka perlu mempertimbangkan pendapat orang lain.

Sayangnya, gajah dan monyet dan burung puyuh tidak tahu mana yang tertua. Mereka tidak tahu kapan hari ulang tahu atau usia mereka.

Lalu suatu hari, saat mereka sedang bersantai di bawah naungan pohon beringin besar, puyuh dan monyet bertanya pada gajah, "Sejauh yang kau ingat, berapa ukuran pohon beringin ini?"

Gajah menjawab, "Aku ingat pohon ini untuk waktu yang sangat lama. Ketika aku seekor bayi kecil, aku menggunakan pohon ini untuk menggaruk perutku dengan menggosok di atas tunas pohon beringin ini."

Kemudian monyet berkata, "Ketika saya masih bayi monyet penasaran, saya biasa duduk dan memeriksa bibit pohon beringin kecil. Kadang-kadang saya membungkuk dan menggigiti daun lembut di atasnya."

Monyet dan gajah bertanya pada puyuh, "Sejauh yang kau ingat, berapa ukuran pohon beringin ini?"

Puyuh mengatakan, "Ketika saya masih muda, saya sedang mencari makanan di hutan terdekat. Di hutan itu, ada sebuah pohon beringin tua besar, yang penuh dengan buah matang. Aku makan beberapa dari mereka, dan hari berikutnya saya berada di sini. ini adalah tempat saya membiarkan kotoran saya jatuh, dan benih mereka tumbuh menjadi pohon ini."

Monyet dan gajah berkata, "Aha! Tuan puyuh, Andalah yang tertua. Anda pantas rasa mendapatkan rasa hormat kami. Mulai sekarang kita akan memperhatikan kata-kata Anda. Berdasarkan kebijaksanaan dan pengalaman, memberikan saran ketika kita membuat kesalahan. Bila ada perbedaan pendapat, kami akan memberikan tempat tertinggi untuk pendapat Anda. Kami hanya meminta Anda jujur ​​dan adil. "

Puyuh menjawab, "Saya berterima kasih atas menghormati Anda, dan saya berjanji untuk selalu melakukan yang terbaik untuk layak mendapatkannya."

Hanya kebetulan saja bahwa burung puyuh yang bijaksana itu adalah penjelmaan dari Buddha.

Demikianlah, menghormati kebijaksanaan dari orang yang lebih tua akan mengarah kepada keharmonisan.

No comments:

Post a Comment