Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Pertimbangkan Saran yang Baik

Alkisah, ada sebuah pohon raksasa di hutan. Banyak burung yang tinggal di pohon itu. Dan yang paling bijaksana di antara mereka adalah pemimpin mereka.

Suatu hari, burung pemimpin melihat dua cabang bergesekan satu sama lain. Mereka membentuk serbuk kayu yang jatuh. Kemudian ia melihat sebuah gumpalan kecil asap mengepul dari cabang yang saling bergesekan itu. Ia berpikir, "Wah, tidak diragukan lagi, api ini bisa mulai membakar seluruh hutan."

Pemimpin tua yang bijak itu kemudian mengumpulkan semua burung yang tinggal di pohon besar itu. Ia berkata kepada mereka, "Teman-teman yang terkasih, pohon tempat di mana kita hidup, cabang-cabangnya saling bergesekan yang bisa membuat api. Api ini bisa menghancurkan seluruh hutan. Oleh karena itu berbahaya bila kita tinggal di sini. Mari kita meninggalkan hutan ini bersama!"

Burung-burung yang bijaksana setuju untuk mengikuti nasihatnya. Mereka pun terbang ke hutan lain di tanah yang berbeda. Tapi burung-burung yang bodoh, berkata, "Ah, itu kan hanya karena pemimpin tua kita yang mudah panik. Ia membayangkan buaya dalam setetes air! Mengapa kita harus meninggalkan rumah kita yang nyaman dan selalu aman ini? Biarkan mereka yang takut, pergi. Kita yang berani, percaya pada pohon kita ini!"

Benar saja! Beberapa saat setelah peringatan pemimpin burung yang bijaksana itu menjadi kenyataan. Cabang-cabang yang saling bergesekan membuat percikan api yang jauh pada daun kering di bawah pohon. Percikan api itu semakin membesar dan membesar. Segera saja pohon raksasa itu terbakar. Dan burung-burung bodoh yang masih tinggal di sana dibutakan dan tersedak oleh asap. Banyak dari mereka yang tidak bisa menyelamatkan diri, terjebak, dan terbakar sampai mati.

Demikianlah, mereka yang mengabaikan nasihat orang bijak, melakukannya dengan risiko sendiri.

No comments:

Post a Comment