Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Kisah Raja Monyet dan Setan Air

Alkisah, jauh di dalam hutan, ada kawanan sejumlah 80.000 monyet. Mereka memiliki seorang Raja yang luar biasa besar, sebesar kijang. Ia tidak hanya besar dalam tubuhnya, ia juga "besar dalam pikiran".

Suatu hari, Raja Monyet menyarankan kepada bangsanya dengan mengatakan, "Menurut penglihatan saya, ada buah-buahan beracun di hutan lebat ini, dan kolam pun kerasukan setan. Jadi jika kalian melihat kolam yang tidak biasa atau kolam yang tidak dikenal, jangan makan atau minum sebelum kalian bertanya kepadaku terlebih dahulu." Atas nasihat raja yang bijaksana itu, semua monyet setuju untuk mengikuti nasihatnya.

Mereka datang ke sebuah kolam yang tidak diketahui. Meskipun mereka lelah dan haus setelah seharian mencari makanan, tidak ada yang akan minum tanpa terlebih dahulu bertanya kepada Raja monyet. Mereka pun hanya duduk di atas pohon dan di tanaha sekitar kolam.

Ketika Raja monyet tiba, ia bertanya, "Apakah ada yang minum air ini?"

Mereka menjawab, "Tidak, Yang Mulia, kami mengikuti instruksi Anda."

Jawab Raja, "Bagus!"

Lalu ia berjalan di sepanjang kolam. Ia meneliti jejak kaki hewan yang telah masuk ke air, dan melihat bahwa mereka tidak keluar lagi! Jadi, ia menyadari bahwa kolam ini memiliki setan air. Ia mengatakan kepada 80.000 monyet itu, "Kolam ini ada setan airnya. Jangan ada yang masuk ke dalamnya."

Setelah beberapa saat, setan air melihat bahwa tidak ada monyet pergi masuk ke kolam. Jadi ia bangkit dari tengah-tengah kolam, dalam bentuk raksasa yang menakutkan. Perutnya biru besar, wajahnya putih dengan mata melotot hijau, dan cakarnya merah. Katanya, "Mengapa kamu hanya duduk-duduk saja? Ayo ke dalam kolam dan minumlah sekaligus!"

Raja monyet berkata kepada raksasa yang mengerikan itu, "Apakah Anda setan air yang memiliki kolam ini?"

"Ya, saya," jawabnya.

"Apakah Anda makan siapa pun yang masuk ke dalam air ini?" tanya Raja.

"Ya, saya lakukan itu," jawabnya lagi. "Bahkan burung. Saya makan mereka semua. Dan ketika Anda terpaksa oleh dahaga Anda untuk datang ke kolam dan minum, saya akan menikmati memakan Anda, monyet terbesar, yang paling besar dari semua!" Raksasa itu tersenyum, dan air liur menetes ke dagunya yang berbulu.

Tetapi Raja monyet dengan pikiran terlatih tetap tenang. Katanya, "Aku tidak akan membiarkan Anda memakanku atau satu dari pengikutku. Namun, kita akan minum semua air yang kita inginkan!"

Setan air menggerutu, "Mustahil! Bagaimana Anda akan melakukannya?"

Jawab Raja monyet, "Masing-masing dari kami akan minum menggunakan rebung sebagai sedotan. Dan Anda tidak akan dapat menyentuh kami!"

Tentu saja, siapa pun yang pernah melihat bambu mengetahui ada kesulitannya. Bambu tumbuh dengan beberapa bagian, satu per satu, mempunyai simpul di antara masing-masing. Salah satu bagian yang sangat kecil, sehingga setan bisa saja meraih monyet, menariknya ke bawah dan memakannya. Tapi simpul itu membuatnya tidak mungkin  untuk minum melalui lebih dari satu bagian.

Raja Monyet sungguh istimewa, dan itulah mengapa banyak yang mengikutinya. Kualitas pikirannya sangat halus. Itulah sebabnya mengapa ia dikatakan "besar dalam pikiran", bukan karena ia hanya memiliki "otak besar".

Ia mengambil rebung muda, meniup melalui lubangnya untuk menghilangkan simpul, dan menggunakannya untuk minum air dari kolam. Kemudian, ia melambaikan tangannya dan semua bambu yang tumbuh di sekitar itu hilang simpulnya. Mereka menjadi jenis bambu baru.

Kemudian, keseluruh 80.000 pengikutnya memilih rebung dan mulai minum dari kolam. Setan air tidak mempercayai yang dilihatnya. Menggerutu pada dirinya sendiri, ia meluncur kembali ke bawah permukaan, hanya menyisakan gemericik gelembung air.

No comments:

Post a Comment