Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Bahkan Hewan pun Menyukai Kebersihan

Alkisah, di sebuah kerajaan, kuda terbaik kerajaan dibawa ke sungai untuk dimandikan. Tukang kuda membawanya ke kolam dangkal yang sama, tempat di mana mereka selalu dimandikan.

Namun, sebelum mereka tiba, seekor kuda yang kotor telah dimandingkan di tempat yang sama. Ia ditangkap dari pedesaan dan tidak pernah mandi sepanjang hidupnya.

Kuda kerajaan menghirup bau udara. Ia langsung tahu bahwa beberapa kuda liar yang kotor telah dimandingkan di sana dan mengotori airnya. Ia merasa jijik dan menolak untuk dimandikan di tempat itu.

Tukang kuda mencoba mencari yang terbaik agar kuda kerajaan itu mau masuk ke air, tapi ia tidak bisa melakukan apa-apa. Maka, ia pergi menghadap Raja dan mengeluh bahwa kuda kerajaan yang terlatih tiba-tiba menjadi keras kepala dan tidak terkendali.

Kebetulan, Raja memiliki menteri yang cerdas dan dikenal karena sangat paham tentang hewan. Jadi Raja bertanya kepadanya dan berkata, "Silakan pergi dan lihat apa yang terjadi pada kuda nomor satu saya. Cari tahu apakah ia sakit atau alasan apa hingga ia menolak untuk dimandikan. Dari semua kuda saya, saya pikir ini adalah yang berkualitas tinggi. Sepertinya ia tidak ingin membiarkan dirinya tenggelam dalam kotor. Pasti ada sesuatu yang salah."

Menteri itu segera pergi ke kolam pemandian. Ia menemukan bahwa kuda kerajaan tidak sakit, tetapi dalam keadaan yang sehat sempurna. Ia menyadari bahwa kuda itu sengaja bernapas sesedikit mungkin. Investigasi lebih lanjut, ia menemukan bahwa itu berasal dari air yang tidak bersih di kolam pemandian. Jadi, kuda itu tahu bahwa kuda lain sangat kotor telah dimandikan di tempat itu, dan kuda raja itu yang menyukai kebersihan tidak ingin mandi di air kotor.

Menteri bertanya kepada tukang kuda, "Apakah kuda lain telah dimandikan di tempat ini hari ini?"

"Ya," jawab mereka, "sebelum kami tiba, kuda liar yang kotor dimandikan di sini.

Menteri mengatakan kepada mereka, "Tukang kudaku sayang, ini adalah kuda kerajaan yang mencintai kebersihan. Ia tidak ingin mandi di air kotor. Jadi, hal yang harus dilakukan adalah membawanya ke sungai, di mana air masih bersih dan segar, dan mandikanlah ia di sana."

Mereka mengikuti instruksinya, dan kuda kerajaan pun senang mandi di tempat yang baru.

Menteri kembali menghadap raja dan mengatakan apa yang telah terjadi. Ia berkata, "Kau benar, Yang Mulia, kuda ini baik-baik saja. Dan ia memang berkualitas tinggi sehingga ia tidak akan membiarkan dirinya berendam dalam kekotoran!"

Bahkan hewan pun menyukai kebersihan. Bagaimana dengan kita?

No comments:

Post a Comment