Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Kata Pujian Bisa Membuat Keajaiban

Dante Gabriel Rossetti (1828 – 1882) adalah seorang penyair Inggris dan pelukis yang terkenal. Suatu hari, seorang pria tua mendekatinya dengan beberapa lukisan. Pria tua itu ingin Rossetti berkomentar tentang kualitas lukisannya.

Rossetti memeriksa secara rinci dan mengatakan bahwa lukisan itu kurang prestasi dan kurang memiliki nilai jual. Menjadi seorang seniman yang sangat baik, Rossetti menjelaskan fakta-fakta tanpa menyakiti perasaan orang tua itu.

Pria tua itu mengucapkan terima kasih atas komentarnya dan kemudian memperlihatkan lagi satu set lukisan-lukisan tua, serta menjelaskan bahwa itu adalah karya dari seorang seniman muda. Rossetti terkesan dengan kualitas luar biasa dari lukisan itu dan mengatakan kepada pria tua itu bahwa pelukisnya benar-benar pemuda berbakat dan memiliki masa depan yang cerah, pintar, dan menjanjikan. Dengan motivasi yang tepat dan latihan, suatu hari ia akan menjadi pelukis dunia yang hebat.

Orang tua itu sangat tersentuh dengan kata-kata Rossetti. Air matanya mengalir membasahi pipinya yang keriput. Rossetti bertanya kepadanya tentang seniman muda itu, "Apakah dia anakmu?"

Orang tua itu menjawab, "Bukan, Tuan. Pemuda itu adalah saya sendiri. Saya melukis ini sekitar lima puluh tahun yang lalu. Jika ada orang yang menyatakan kata pernghargaan yang tulus pada waktu itu, saya akan mengembangkan bakat saya dengan baik dan menjadi pelukis besar! Saya memiliki harapan di tahun-tahun awal, tetapi kemudian menyerah atas semua upaya untuk mengembangkan bakat saya."

Sayangnya tidak ada satu pun yang menemukan bakat-bakat terpendam dalam dirinya di awal tahun.

Ya, sebuah kata penghargaan bisa membuat keajaiban. Penghargaan dan dorongan telah memotivasi dan mengubah banyak kehidupan dan memungkinkan mereka untuk mencapai keberhasilan dan kebesaran dalam profesi mereka.

Mari, kita memberikan doronan satu sama lain dengan kata-kata. Dengan demikian kita memberikan mereka semangat, mendorong mereka yang pemalu, membantu yang lemah, dan bersabar dengan semua orang.

No comments:

Post a Comment