Saturday, February 27, 2016

Kisah Inspirasi - Hanya Orang Bodoh yang Mengubah Perbuatan Baik Menjadi Lebih Buruk

Alkisah, di sebuah kerajaan akan merayakan Tahun Baru. Semua orang di kota itu bersiap-siap untuk perayaan tiga hari, termasuk tukang kebun favorit Raja.

Ada pasukan besar monyet yang tinggal di kebun favorit ini. Mereka selalu mengikuti saran dari pemimpin mereka, yaitu raja monyet.

Sementara, tukang kebun kerajaan ingin merayakan liburan tahun baru, sama seperti orang lain. Ia memutuskan untuk menyerahkan tugasnya kepada monyet. Ia pergi ke raja monyet dan berkata, "Raja monyet, temanku terhormat, apakah Anda mau membantu saya? Tahun Baru yang akan datang. Saya juga ingin merayakan. Jadi saya harus pergi selama tiga hari penuh. Di taman indah ini ada banyak buah-buahan, berry, dan kacang-kacangan untuk Anda makan. Anda dan kelompok Anda menjadi tamu saya, makanlah sebanyak yang Anda inginkan. Sebagai imbalannya, tolong sirami pohon-pohon muda dan tanaman selama saya pergi."

Raja monyet menjawab, "Jangan khawatirkan itu, teman! Kami akan melakukan pekerjaan yang hebat! Nikmati waktu yang baikmu!"

Tukang kebun menunjukkan kepada monyet di mana ember disimpan. Merasa percaya diri, ia meninggalkan kebun untuk merayakan liburan. Monyet berteriak, "Selamat Tahun Baru!"

Keesokan harinya, monyet mengisi ember, dan mulai  menyirami pohon muda dan tanaman. Kemudian Raja monyet berkata kepada monyet yang lain, "Pelajaran dari saya, tidak baik untuk membuang-buang air. Oleh karena itu, tarik masing-masing pohon muda atau tanaman sebelum penyiraman. Periksa untuk melihat berapa lama akar membutuhkan lebih banyak air untuk akar yang panjang, dan sedikit air untuk pohon dengan akar pendek. Dengan begitu kita tidak akan membuang-buang air, dan tukang kebun akan senang!"

Tanpa memikirkan lebih jauh, mata pelajaran dari Raja monyet itu diikuti oleh para monyet itu.

Sementara, seorang bijak sedang berjalan di luar pintu masuk taman. Ia melihat monyet mencabut semua pohon muda yang indah dan tanaman, mengukur akarnya, dan hati-hati menuangkan air ke dalam lubang di tanah. Ia bertanya, "Oh, monyet yang bodoh, apa yang kau lakukan untuk taman raja yang indah?"

Mereka menjawab, "Kami menyiram pohon dan tanaman, tanpa membuang-buang air! Kami diperintahkan untuk melakukannya oleh raja junjungan kita."

Orang bijak itu berkata, "Jika itu adalah kebijaksanaan yang paling bijak di antara kalian, Raja? Apa kalian bermaksud melakukan perbuatan yang bermanfaat, kebodohan kalian mengubahnya menjadi bencana."

Demikianlah, hanya orang bodoh yang bisa membuat perbuatan baik menjadi lebih buruk.

No comments:

Post a Comment