Friday, September 5, 2014

Fwd: Inspirasi - Gunakan Otak Untuk Berpikir Logis

Alkisah, ada sebuah desa yang memiliki satu umur untuk air minum. Suatu hari seekor anjing jatuh ke sumur itu dan mati. Air pun menjadi kotor dan tercemar. Penduduk desa yang khawatir pergi ke orang bijak untuk meminta nasihat.

Mereka diberitahu oleh orang bijak itu untuk mengambil 100 ember air dari sumur sehingga air bersih akan muncul ke permukaan sumur. Para penduduk desa pun mengambil 100 ember air, tapi status air itu tetap sama, tercemar. Mereka datang lagi ke orang bijak itu. Ia kembali menyarangkan untuk mengambil 100 ember air dari sumur itu.

Penduduk desa kembali melakukan hal yang sama tetapi tetap tidak berhasil. Penduduk desa itu mencoba hingga ketiga kalinya melakukan hal yang sama tetapi tetap saja air itu tercemar.

Orang bijak itu pun akhirnya berkata, "Mengapa seluruh isi sumur tercemar meskipun sudah diambil airnya sebanyak itu? Apakah kalian membuang bangkai anjing di dalamnya sebelum mengambil 300 ember air?"

Penduduk desa itu mengatakan, "Tidak, Pak. Anda hanya menasihati kami untuk membuang air dari sumur, bukan bangkai anjing!"

Terkadang beberapa kali dalam hidup kita mencoba untuk menyelesaikan masalah tanpa mempertimbangkan penyebab masalah. Menyelesaikan masalah bukanlah efek dari masalah itu sendiri. Kita harus melihat dan memahami akar masalah itu sendiri. Terkadang kita mengikuti banyak saran, tapi tidak menggunakan otak sendiri untuk berpikir logis dan menganalisis saran, kemudian memutuskannya. Sebaliknya, kita terkadang bertindak membabi buta pada solusi yang disarankan oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment