Friday, September 5, 2014

Fwd: Inspirasi - Seseorang Akan Melakukan Apa Saja Demi Uang

Pada suatu musim dingin Raja Akbar dan Birbal berjalan-jalan di sepanjang danau. Sebuah pikiran mampir ke kepala Birbal, bahwa seseorang akan melakukan apa saja untuk uang. Ia mengungkapkan pikirannya kepada Raja Akbar. Raja kemudian meletakkan jarinya ke dalam danau dan segera mengangkat jarinya karena ia menggigil kedinginan. Katanya, "Saya pikir tidak seorangpun akan menghabiskan seluruh malamnya dalam air danau yang dingin ini untuk uang."

Namun, Birbal menjawab, "Saya yakin saya dapat menemukan orang seperti itu."

Raja Akbar kemudian menantang Birbal untuk menemukan orang seperti itu dan mengatakan bahwa ia akan memberi orang itu dengan seribu koin emas.

Birbal pun mencari hingga pelosok sampai ia menemukan seorang pria miskin yang cukup putus asa untuk menerima tantangan itu. Pria miskin itu masuk ke danau dan Raja Akbar menempatkan penjaga di dekatnya untuk memastikan bahwa ia benar-benar melakukan tantangannya. Keesokan paginya para penjaga membawa pria miskin itu ke hadapan Raja Akbar. Raja Akbar meminta keterangan pria miskin itu apakah ia menghabiskan malamnya di danau itu dan bagaimana ia berhasil melakukannya.

Pria miskin itu menjawab bahwa ada lampu jalan di dekatnya dan ia mengalihkan perhatiannya terus pada lampu itu sehingga jauh dari rasa dingin. Raja Akbar kemudian mengatakan bahwa tidak ada hadiah untuk pria miskin itu karena memperoleh kehangatan dari lampu jalan. Pria miskin itu pun pergi kepada Birbal untuk meminta pertolongan.

Keesokan harinya, Birbal tidak datang ke istana. Raja bertanya-tanya di mana ia berada. Ia pun mengirim utusan ke rumahnya. Utusan itu kemudian mengatakan bahwa Birbal akan datang setelah berasnya masak. Raja menunggu hingga berjam-jam tapi Birbal tidak kunjung datang. Akhirnya Raja memutuskan untuk pergi ke rumah Birbal dan melihat apa yang dilakukannya.

Ia menemukan Birbal sedang duduk di lantai dekat beberapa ranting yang terbakar dan mangkuk yang diisi dengan beras menggantung lima meter di atas api. Raja dan para pembantunya tidak bisa menahan tawa.

Raja Akbar kemudian bertanya kepada Birbal, "Bagaimana bisa beras masak jika begitu jauh dari api?"

Birbal pun menjawab, "Dengan cara yang sama, pria miskin itu menerima panas dari lampu jalan yang jauhnya lebih dari dua ratus meter."

Raja memahami kesalahannya dan akhirnya memberi pria miskin itu hadiahnya.

No comments:

Post a Comment