Friday, September 5, 2014

Fwd: Inspirasi - Satu Tahun Untuk Hidup

Anthony Burgess berusia 40 tahun ketika ia mengetahui bahwa ia hanya punya waktu satu tahun untuk hidup. Ia mengidap tumor otak yang pelan-pelan akan membunuhnya dalam waktu setahun. Ia tahu bahwa ia sedang berperang dengan dirinya sendiri. Ia pun merasa tidak memiliki apa-apa untuk meninggalkan istrinya, Lina.

Burgess tidak pernah menjadi novelis profesional di masa lalu, tetapi ia selalu tahu potensi yang ada dalam dirinya untuk menjadi penulis. Jadi, dengan tujuan untuk meninggalkan royalti bagi istrinya, ia memulai menulis. Ia tidak punya kepastian apakah yang ditulisnya itu akan diterbitkan atau tidak, namun ia tidak tahu hal lain yang bisa dilakukannya.

Ia menulis dengan penuh semangat, menyelesaikan hampir lima novelnya. Namun sesudah satu tahun itu ternyata Anthony tetap hidup. Kankernya telah hilang dan kemudian lenyap sama sekali. Dalam kehidupannya yang panjang dan penuh sebagai novelis, ia telah menulis lebih dari 70 buku. Mungkin tanpa vonis mati karena kanker, ia mungkin tidak pernah menulis sama sekali.

Banyak dari kita seperti Burgess, menyembunyikan talenta kita sendiri, menunggu saat darurat barulah terekspos. Tanyakan pada diri sendiri apa yang akan kita lakukan bila kita mengalami kesulitan seperit Athony.

Kalau aku hanya punya waktu satu tahun untuk hidup, bagaimana aku akan hidup secara berbeda? Apa yang akan aku lakukan?

No comments:

Post a Comment