Friday, September 5, 2014

Fwd: Inspirasi - Paradoks Menang Kalah

Alkisah, seorang guru tentang Hukum menemukan seorang iswanya yang ingin belajar tetapi tidak mampu membayar biaya sekolah.

Akhirnya mahasiswa itu membuat kesepakatan, "Saya akan membayar biaya sekolah bila hari ini memenangkan kasus pertama saya di pengadilan."

Guru itu pun setuju dan melanjutkan kursus tentang hukum. Ketika program itu selesai dan guru mulai menagih soal pembayaran kursus, siswa itu mengingatkan kembali pada kesepakatannya.

Muak dengan hal ini, guru itu pun memutuskan untuk menuntut di pengadilan dan akhirnya keduanya memutuskan untuk berdebat mengenai diri mereka sendiri.

Guru mengajukan argumennya dan mengatakan, "Jika saya memenangkan kasus ini, sesuai pengadilan, siswa harus membayar saya apapun kasusnya ini tentang hal tidak membayar iuran. Dan jika saya kalah dalam kasus ini, siswa ini akan tetap membayar saya karena ia memenangkan kasus pertamanya. Jadi, dengan cara apapun saya harus mendapatkan uangnya."

Siswa cemerlang itu pun berpendapat kembali, "Jika saya memenangkan kasus, sesuai pengadilan, saya tidak perlu membayar apapun kepada guru apapun kasusnya ini tentang hal tidak membayar iuran. Dan jika saya kalah dalam kasus ini, saya tidak harus membayarnya karena saya belum memenangkan kasus pertama saya. Jadi, dengan cara apapun saya tidak perlu membayar apapun kepada guru."

Ini adalah salah satu paradoks terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah.

No comments:

Post a Comment