Sunday, September 21, 2014

Menolong dengan Mendengar

Tuhan menciptakan kita dengan dua telinga dan satu mulut. Itu artinya, kita harus lebih banyak mendengar daripada bicara. Mendengar harus dua kali lebih banyak daripada berbicara.

Tuhan memberikan kita satu mulut, agar kita hanya mengucapkan perkataan yang baik-baik saja. Karena dengan mendengar pun bisa menolong atau menyelamatkan banyak orang.

Seperti kisah berikut ini.

Don Ritchie, selama 50 tahun telah menyelamatkan nyawa orang yang berencana bunuh diri hanya dengan kata-kata dan senyuman. Ia memang telah meninggal dunia, di usianya ke-86. Namun, ia masih dikenang dengan sebutan "The Angel of the Gap" atau Malaikat dari Gap.

Ritchie memilih tinggal di seberang jalan Gap, yaitu sebuah daerah pantai dengan jurang yang terjal. Dengan begitu, ia bisa menyelamatkan hidup orang-orang.

Ia bangun setiap pagi, lalu mengawasi orang-orang yang berdiri terlalu dekat dengan jurang itu dari jendela rumahnya. Jika ia melihat seseorang dan menganggap orang itu akan melompat, Ritchie akan berjalan mendekati orang tersebut dengan tenang dan tersenyum. Ia kemudian bertanya, "Ada yang bisa saya bantu?"

Mungkin terdengar sederhana, tapi trik ini berhasil. Ritchie kemudian mampu memulai pembicaraan dengan orang itu. Sering kali pembicaraan ini berakhir dengan ajakan untuk sarapan atau sekadar minum teh di rumah Ritchie.

Usahanya itu kerap kali berhasil mengurungkan niat orang untuk bunuh diri. Ia mengatakan, "Jangan meremehkan kekuatan kata-kata yang baik dan senyuman."

Ritchie pernah berkata, "Saya menawarkan mereka alternatif. Saya selalu bersikap ramah. Saya tersenyum. Selama bertahun-tahun saya berbicara dengan banyak dari mereka dan berkata, 'Apa yang Anda lakukan di sini? Ayo bicarakan dengan saya. Ayo ke rumah saya, minum teh atau bir."

Itu dilakukannya untuk mengalihkan pikiran mereka dari niatan bunuh diri.

Pada tahun 2006 Ritchie mendapat penghargaan Medal of the Order of Australia, untuk semua kisah penyelamatan yang dilakukannya. Pada tahun 2010, ia dan istrinya diberi gelar oleh warga, Woollahra Council's. Setahun kemudian, ia mendapatkan penghargaan Local Hero Award for Australia oleh the National Autralia Day Council.

Mari kita menolong sesama dengan lebih banyak mendengarkan dan hanya mengucapkan perkataan-perkataan yang baik dan membangun.

No comments:

Post a Comment