Friday, September 5, 2014

Fwd: Inspirasi - Kesempatan Tidak Datang Dua Kali

Seorang pemuda ingin menikahi putra cantik petani. Ia mendatangi petani dan meminta izinnya. Petani itu melihat sang pemuda dan berkata, "Nak, pergilah ke padang rumput itu. Aku akan melepaskan tiga ekor banteng, satu per satu. Jika engkau bisa menangkan ekor salah satu dari tiga ekor banteng itu, engkau bisa menikahi putriku."

Pemuda itu pun berdiri di padang rumput menunggu banteng yang pertama.

Pintu gudang terbuka dan keluarlah sambil berlari seekor banteng. Banteng itu terlihat seperti banteng kejam yang pernah dilihatnya. Ia memutuskan untuk membiarkan banteng itu hingga banteng  berikutnya  yang mungkin lebih baik daripada yang satu ini. Pemuda itupun minggir dan membiarkan banteng itu melewati padang rumput keluar dari pintu belakang.

Pintu gudang terbuka lagi. Tidak percaya pemuda itu melihatnya. Ia berlum pernah melihat sesuatu yang begitu  besar dan sengit dalam hidupnya. Binatang itu berdiri mengais-ngais tanah, mendengus, dan seperti menatapnya. Bila banteng berikutnya seperti itu, rasanya ini bukanlah pilihan yang tepat, pikir pemuda itu. Pemuda itu pun berlari ke pagar dan membiarkan banteng itu melewati padang rumput, keluar dari pintu belakang.

Kini, pintu gudang terbuka untuk yang ketiga kalinya. Senyum menghiasi wajah pemuda itu. Inilah banteng yang paling kecil yang pernah dilihatnya. Rasanya inilah pilihannya. Saat banteng berjalan menghampirinya, ia pun bersiap dan melompat pada saat yang tepat.

Ia berusaha meraih… tapi banteng itu tidak punya ekor!

Hidup ini penuh dengan peluang. Beberapa akan mudah untuk mengambil keuntungan, tapi beberapa akan sulit. Sering kali kita membiarkan peluang itu lewat, berharap mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Namun, kesempatan tidak datang dua kali. Jadi ambillah selalu kesempatan yang pertama.

No comments:

Post a Comment