Friday, January 29, 2016

Kisah Inspirasi - Jawaban Paling Bijak

Seorang Guru berkumpul bersama murid-muridnya. Beliau mengajukan 6 pertanyaan.

Pertanyaan pertama: Apa yang paling dekat dengan diri kita dunia ini? Muridnya ada yang menjawab 'orang tua', 'guru', 'teman', 'kerabat', dll. Ternyata, yang paling dekat dengan kita adalah 'kematian'. Sebab kematian adalah pasti adanya.

Pertanyaan kedua: Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini? Muridnya ada yang menjawab 'negara Cina', 'bulan', 'matahari', dll. Yang paling benar adalah 'masa lalu'. Siapa pun kita, bagaimana pun kita, dan betapa kayanya kita, tetap saja kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Oleh karena itu kita harus menjaga hari ini, hari-hari yang akan datang.

Pertanyaan ketiga: Apa yang paling besar di dunia ini? Muridnya ada yang menjawab 'gunung', 'bumi', 'matahari', dll. Yang paling besar yang ada di dunia ini adalah 'nafsu'. Banyak manusia menjadi celaka karena menuruti hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu duniawi. Oleh karena itu kita harus hati-hati dengan hawa nafsu ini.

Pertanyaan keempat: Apa yang paling berat di dunia ini? Di antara muridnya ada yang menjawab 'baja', 'besi', 'gajah', dll. Sebenarnya, yang paling berat adalah 'memegang janji'.

Pertanyaan kelima: Apa yang paling ringan di dunia ini? Ada yang menjawa 'kapas', 'angin', 'debu', 'daun-daunan', dll. Dan, yang paling ringan di dunia ini adalah 'meninggalkan ibadah'.

Lalu, pertanyaan keenam adalah Apakah yang paling tajam di dunia ini? Muridnya menjawab dengan serentak: 'pedang'! Guru pun menjawab, yang paling tajam adalah 'lidah manusia'. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati, melukai perasaan. Oleh karena itu, berhati-hatilah menggunakan lidah kita untuk berkata-kata.

No comments:

Post a Comment