Friday, January 29, 2016

Kisah Inspirasi - Kisah Rusa yang Selalu Membolos

Alkisah, ada kawanan rusa hutan. Dalam kawanan ini ada seorang Guru yang bijaksana dan dihormati, tetapi juga licik dalam cara rusa. Ia mengajarkan trik dan strategi bertahan hidup kepada rusa muda.

Suatu hari, adik perempuannya membawa anaknya kepadanya, untuk diajarkan apa yang penting bagi rusa. Katanya, "Saudara Guru, ini adalah anak saya. Silakan mengajari trik dan strategi rusa."

Guru berkata kepada rusa itu, "Baiklah, Anda bisa datang besok pada saat seperti ini untuk pelajaran pertama."

Pada awalnya, rusa muda datang ke pelajaran itu yang seharusnya. Namun, ia lebih tertarik bermain dengan rusa muda lain dan tidak datang lagi. Ia tidak menyadari betapa berbahayanya rusa yang tidak belajar apa-apa selain bermain. Jadi, ia mulai membolos. Ia hanya bermain dan membolos sepanjang waktu.

Sayangnya, suatu hari, rusa yang sedang bermain dan membolos ini melangkah di jeratan dan terjebak. Karena ia hilang, ibunya khawatir. Ia pergi ke kakaknya yang Guru, dan bertanya, "Saudaraku, bagaimana anak saya? Apakah Anda mengajarkan keponakan Anda trik dan strategi rusa?"

Guru rusa itu menjawab, "Adikku sayang, anakmu tidak taat diajar. Untuk menghormatimu, saya mencoba untuk mengajarinya yang terbaik. Tapi ia tidak ingin mempelajari trik dan strategi rusa. Ia bermain dan membolos! Bagaimana mungkin aku bisa mengajarinya? Kau taat dan setia, tapi ia tidak. Tidak berguna mencoba untuk mengajarinya."

Kemudian mereka mendengar berita sedih. Rusa-rusa yang keras kepala, yang memilih bermain dan membolos, telah terjebak dan dibunuh oleh pemburu. Pemburu itu menguliti kemudian mengambil dagingnya untuk keluarganya.

Tidak ada yang bisa dipelajari dari Guru, oleh orang yang selalu  meninggalkan kelas.

No comments:

Post a Comment